Gandeng Peugeot-Citroen, Mitsubishi Akan Produksi SUV  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 27 April 2010 21:17 WIB
Mitsubishi

TEMPO Interaktif, Tokyo:Pabrikan otomotif Jepang, Mitsubishi Corporation berkongsi dengan pabrikan asal Perancis Peugeot - Citroen PSA akan memproduksi model Sport Utility Vehicle (SUV) mulai 2012 mendatang. Tak tanggung-tanggung, keduanya akan memproduksi 50 ribu SUV anyar saban tahunnya.

Seperti dikutip automotivenews.com, Selasa (27/4), sumber di Mitsubishi mengatakan, bulan lalu pihaknya gagal menyepakati pembentukan modal ventura dengan pabrikan asal Perancis lainnya, Peugeot-Citroen PSA. Namun mereka menyepakati untuk bekerjasama dalam proyek produksi mobil listrik, mobil dengan penggerak empat roda, serta rencana pembukaan pabrik di Rusia.

"Produksi yang dimulai pada awal 2012 itu akan dimulai di Eropa," tandas sumber tersebut.

Sementara, menyinggung pendapatan, Mitsubishi mengaku tahun fiskal 2010 ini optimistis bisa meraup pendatan 15 miliar yen atau US$ 160 juta (sekitar Rp 1,44 triliun. Perusahaan ini juga menyebut akan menggenjot penjualan serta mengurangi biaya operasional.

"Mitsubishi akan terus melakukan penghematan biaya (operasional) untuk meraih keuntungan selangkah demi selangkah," tutur Satoru Takada, analis pada Toward the Infiniti World Inc yang berbasis di Tokyo.

Mitsubishi menyebut, penjualan produknya bakal meningkat 17 persen menjadi 1,12 juta unit pada tahun fiskal 2010 ini. Di Jepang peningkatan diperkirakan mencapai 12 persen, di Eropa 16 persen, dan 24 persen di Amerika Utara.

Seiring dengan peningkatan penjualan tersebut Mitsubishi memperkirakan keuntungan yang bisa diraih hingga akhir tahun fiskal, 31 Maret 2011 akan mencapai 45 juta yen tau sekitar Rp 9 triliun.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi