Geely Akan Pasarkan Mobil Mungil Hybrid  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 3 Mei 2010 09:36 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif,Beijing:Geely? Ya pabrikan otomotif asal Cina itu memang tergolong agresif. Setelah mencaplok saham pabrikan mobil mewah asal Swedia, pabrikan ini terus menggenjot produksinya. Kabar paling gres dari Negeri Tirai Bambu menyebut, pabrikan itu akan meluncurkan mobil mungil hybrid.

Bukan hanya tenaganya saja yang menjadi daya tarik mobil, tampilannya pun tak kalah menggoda. Seperti dikutip autoevolution.com, Minggu (2/5) mobil mungil hybrid itu memiliki pintu seperti sayap burung camar yang mengepak di saat pengemudi membukanya.

“Proses (kelahiran) mobil ini tak ubahnya sebuah metamorfosa, yaitu sebuah serangga dewasa yang muncul dari kepompong,” tutur seorang pejabat di pabrikan itu menggambarkan profil mobil yang dinamai Intelligent Geely (IG) tersebut.

Konsep mobil ini telah dipamerkan di gelaran Beijing Auto Show 2010 yang berlangsung 23 April – 1 Mei tersebut.

Sementara itu, chinacartimes.com menyebut, IG dibekali mesin konvensional dan motor listrik. Mesin konvensionalnya berupa mesin disel 1.000 cc dan sebuah motor listrik.

Sedangkan untuk motor listriknya, pabrikan itu menyiapkan dua pilihan. Pertama motor listrik dengan aki atau asam timah (lead acid). Motor ini mampu membawa mobil melaju hingga jarak 80 kilometer (km) dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam (kpj)

Kedua, motor listrik dengan baterai dari bahan lithium iron phosphate. Motor ini mampu membawa IG melaju sejauh 180 km dengan kecepatan maksimal 150 kpj. Kelebihan dari baterai jenis ini adalah, proses pengisiannya yang relatif singkat, yaitu dalam tempo 18 menit sudah terisi 80 persen.

Caranya pun cukup mudah. Sebab, piranti pension (charger) telah disesuaikan dengan instalasi listrik rumah. Sehingga cukup dicolokkan ke stop kontak listrik rumah, proses pengisian baterai pun berlangsung.

Ihwal jadwal pemasaran, sumber di Geely mengatakan, IG akan diproduksi secara massal dan mulai dipasarkan pada 2012. Ihwal. Kemungkinan besar mobil mungil itu dibanderol US$ 1.400 atau sekitar Rp 12,66 juta (kurs hari ini 1 dolar = Rp 9.041,59).

 

ARIF ARIANTO

 

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi