Izh 2012, Motor Pintar Besutan Kalashnikov  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 3 Mei 2010 16:17 WIB
gizmag

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kalashnikov? Mendengar nama itu, yang terlintas di benak di sebagain besar orang adalah senjata dari Rusia. Itu benar. Tetapi, jangan kaget, ternyata pabrikan itu piawai memproduksi sepeda motor.

Bahkan, sejak perusahaan itu didirikan pada 1927 lalu, telah 11 juta unit motor dihasilkan. Salah satu model yang paling dikenal adalah Izh-1 1929. Namun sayang, pabrikan di negara bekas Uni Soviet itu tak menyertakan data, berapa jumlah penjualan Izh dari 11 juta unit yang diproduksi.

Yang pasti, kini Kalashnikov tengah menyiapkan generasi paling anyar dari Izh, yaitu Izh 2012. Seperti dikutip gizmag.com, Senin (3/5), pabrikan itu mengatakan, konsep model terbaru Izh ini ditangani oleh perancang kondang Igor Chak.

“Motor baru itu nantinya, hadir dengan fitur keselamatan yang melebihi Volvo 10. Hal itu bertujuan untuk menjadikannya sebagai kendaraan paling aman, bahkan lebih aman dibanding jalan kaki,” papar sumber di pabrikan itu.

Izh 2012 dibekali mesin besin V-Twin bertenaga 140 daya kuda. Mesin ini dilengkapi sistem transmisi dengan enam tingkat percepatan.

Menariknya, selain mesin konvensional motor itu juga dibekali motor listrik bertenaga 60 Watt dengan dua tingkat percepatan. Sumber tenaga motor listrik itu berasal dari baterai lithium sulfide.

“Motor listrik itu digunakan di kala pengendara ingin memacu sepeda motornya tetapi dengan tingkat emisi gas nol persen atau tidak beremisi,” kata sumber tersebut.

Sedangkan fitur keselamatan dan kenyamanan yang disediakan Kalashnikov antara lain, kantong udara ganda yang terletak di depan dengan sistem crumple zone untuk meredam benturan, sistem radar, kamera untuk mendeteksi jarak pengereman yang aman, kontrol traksi atau daya cengkeraman ban terhadap lintasan, serta antilock brake system (ABS).

Melalui kamera detektor itu, motor dapat mengetahui jarak pengereman yang aman. Bila jarak dengan obyek yang ditabrak sangat dekat, secara otomotis piranti pengereman akan menambah tekanan, dan pengereman benar-benar pakem.

Igor Chak juga merancang sepeda motor agar bisa secara otomatis menyesuaikan traksi pada permukaan es yang licin dan lintasan basah lainnya.

Sementara, sebuah layar mini LCD 3 D menyediakan informasi kepada pengendara motor ihwal kondisi tunggangannya itu, kapan saatnya diservis, ada ketidakberesan komponen atau suku cadang, hingga persediaan bahan bakar.

“Melalui layar sentuh itu pula, pengendara bisa mengetahui apakah transmisi kendaraan dioperasikan pada mode sport, comfort, atau manual. Kemudian bisa mengganti sesuai Dan tak ketinggalan, Kalashnikov menghubungkan Izh 2012 itu dengan telepon seluler. Walhasil bila ada panggilan masuk, pengendara bisa menjawabnya secara hands free. Tetapi tentunya harus menghentikan kendaraan terlebih dahulu demi keamanan.

Fitur lainnya, adalah sebuah kamera yang membantu penglihatan pengendara di saat malam hari, yang hasilnya terlihat di layar. Piranti itu juga dapat difungsikan saat jalanan tertutup kabut pekat.

Itulah sejumlah keunggulan yang ditawarkan Kalashnikov di produk anyarnya. Namun sayang sekali, pabrikan itu tak menyebut banderol harga dan di mana saja motor besutannya itu akan dipasarkan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi