Buka Pemesanan, Porsche Indonesia Belum Patok Harga Cayenne Anyar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 3 Mei 2010 22:12 WIB
Porsche
TEMPO Interaktif, Jakarta - Kendati telah membukan pemesanan generasi anyar Porsche Cayenne mulai Senin (3/5) ini, tetapi PT Eurokars Artha Utama (EAU) atau PT Porcshe Jakarta Center, selaku importir mobil asal Jerman itu, belum menentukan harganya.

Selain melihat perkembangan nilai tukar rupiah terhadap dolar, penentuan harga itu juga melihat besaran tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang baru.

“Karena itu pengumuman ini sifatnya pemberitahuan kepada potential buyers kami. Kalau mau memesan saat ini ya monggo, kalau mau menunggu nanti pas peluncuran 9 Juli ya silahkan. Tetapi yang pasti, kami belum menetapkan harga,” tutur Yudy W. Widodo, Vice President Sales & Marketing PT EAU yang dihubungi Tempo, Senin (3/5).

Seperti diketahui, Desember 2009 lalu pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat telah mengesahkan Undang-undang perpajakan termasuk PPnBM. Pada beleid baru itu disebut, besaran PPnBM kini tak lagi maksimal 75 persen tetapi 200 persen.

Sedianya, aturan anyar itu diberlakukan mulai awal April lalu. Tetapi hingga kini, tidak ada kabar beritanya apakah ditunda atau belum diberlakukan. “Karena itulah, kami tidak berani menetapkan harga duluan, karena belum ada kejelasan (aturan) ini,” tandas Yudy yang saat dihubungi tengah berada di London.

Sedangkan kurs rupiah terhadap dolar, lanjut Yudy, berpengaruh terhadap premi asuransi, biaya pengapalan, dan harga jual. “Jadi, kami buka pemesanan dengan catatan belum ada harga resmi. Karena tidak ingin mengecewakan konsumen,” kata dia.

Sebelumnya, Rabu (28/4) lalu Yudy mengatakan, pihaknya akan memasarkan generasi teranyar dari Cayenne termasuk tipe mesin disel dan versi hybrid. “Baik disel maupun hybrid juga ada peminatnya di tanah air. Jangan heran, karena itu faktanya. Itu menunjukkan potensi pasar mobil ini di tanah air cukup besar,” tandas dia.

Seperti diketahui, di gelaran pameran otomotif Jenewa 2010 yang berlangsung 3-14 Maret lalu, pabrikan asal Jerman itu meluncurkan Cayenne anyar lima tipe sekaligus. Kelimanya adalah, Cayenne standar yang berbanderol 54,431 Euro atau sekitar Rp 702,54 juta.

Kedua, Cayenne disel 59,596 Euro atau sekitar Rp 755,33 juta, Cayenne S dibanderol 72,686 Euro atau sekitar Rp 921,24 juta. Keempat Cayenne S hibrida 78,636 Euro atau sekitar Rp 996,65 juta. Sedangkan tipe kelima adalah, Cayenne Turbo berbaderol 115,526 Euro atau sekitar Rp 1,464 miliar. Semua harga itu on the road di daratan Eropa.

Cayenne standar dibekali mesin 3.600 cc V6, Cayenne S 4.800 cc V8, tipe Turbo menggendong mesin 4.800 cc twin turbo V8, varian disel Cayenne bermesin 3.000 cc V6, dan Cayenne S versi hibrida menggunakan mesin 3.000 cc supercharger V6.

Mulai Senin (3/5) ini, PT EAU dalam siaran persnya mengatakan telah membuka pemesanan generasi anyar Porsche Cayenne. Pemesanan bisa dilakukan di seluruh dealer yang ada di kota-kota besar.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi