Juni, Piaggio Indonesia Luncurkan Vespa 125 LXV Injeksi Langsung
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 6 Mei 2010 14:18 WIB
es.vespa.com
TEMPO Interaktif,Jakarta:PT Sentra Kreasi Niaga (PT SKN) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Piaggio di Indonesia Juni mendatang mulai memasarkan Vespa LXV 125 cc dengan teknologi injeksi langsung. Rencananya, Vespa anyar itu akan dibanderol di kisaran Rp 58 juta.

“Jadwal pemasaran itu sudah kami pastikan Juni bertepatan dengan berlangsungnya Pekan Raya Jakarta. Tetapi harga, kami baru bisa menyampaikan kisarannya di Rp 58 juta. Sebab, kami berharap harga bisa ditekan lagi,” papar Nugroho Tjandrakusuma, Presiden Direktur PT SKN kepada Tempo, di Jakarta, Kamis (6/5).

Menurut Nugroho, hingga pekan pertama Mei ini, pemesanan generasi baru Vespa LXV itu telah mencapai 14 unit. Para pemesan tersebut hampir seluruhnya adalah para kolektor motor asal Italia tersebut. “Itu bisa dibilang baru captive market kami, yaitu para loyalis brand Vespa,” ujar dia.

Namun, Nugroho juga optimistis, selain menarik kalangan loyalis, model anyar Vespa itu juga akan memantik minat konsumen baru. “Sebab, brand Vespa itu sudah lama dikenal orang. Terlebih, saat ini merek ini juga banyak meluncurkan varian baru. Tentu itu akan menjadi daya tarik tersendiri,” papar pria ramah ini.

Sementara ihwal keunggulan teknologi injeksi langsung yang disematkan di model baru itu, Nugroho menyebut, setidaknya memiliki dua keunggulan. Pertama, tingkat konsumsi bahan bakar lebih irit. Bahkan, menurut hasil pengujian pabrikan Piaggio di Italia, tingkat konsumsi Vespa berteknologi injeksi langsung itu lebih irit 15 persen ketimbang yang menggunakan karburator.

“Hasil pengujian menyebutkan satu liter untuk 53 kilometer. Sedangkan tenaganya setara dengan Vespa LXV 150 cc, karena dengan teknologi tersebut maka pembakaran juga jauh lebih sempurna,” terang Nugroho.

Pendatang baru di keluarga Vespa Indonesia itu dibekali mesin 124 cc satu silinder, empat langkah SOHC. Tenaga yang disemburkan mencapai 10,19 daya kuda pada 8.250 rpm dan torsi 960 Newton meter pada 7.250 rpm.  

Dengan tenaga sebesar itu, Vespa LXV 125 anyar itu bisa digeber hingga kecepatan 92 kilometer per jam.  

Sedangkan untuk melengkapi kenyamanan Piaggio menyematkan piranti suspensi single sided trailing link dan shock absorber hidrolik di roda bagian depan. Sementara di roda bagian belakang dipasang shock breaker hidrolik. 

Sistem pengeremannya menggunakan cakram tunggal dan tromol yang dipasang di roda bagian belakang. untuk roda belakang. Adapun ban yang digunakan, di bagian depan berukuran 110/70-11 dan 120/70-10 di bagian belakang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi