Hino Optimistis Jual 20 Ribu Unit di Kuartal Dua 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 6 Mei 2010 18:15 WIB
Gedung baru Hino. Foto: dok. Hino Motor
TEMPO Interaktif, Jakarta -PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), pemasar kendaraan komersial Hino, optimitis target penjualan 20 ribu unit pada kuartal dua tahun ini bisa tercapai. Selain kondisi perekonomian yang bertumbuh positif, kinerja penjualan Hino sepanjang empat bulan pertama 2010 diyakini menjadi pijakan kuat untuk mencapai target itu.

“Pertumbuhan pasar kendaraan komersial saat ini (empat bulan pertama) telah melebihi 80 persen dari (periode sama) tahun lalu. Membaiknya perekonomian juga memiliki pengaruh besar terhadap pasar kendaraan komersial,” tutur Jusak Kertowidjojo, Wakil Presiden Direktur PT HMSI, di sela cara peresmian kantor baru Hino di Wisma Indomobil II, Jakarta, Kamis (6/5).

Jusak mengatakan, dari total target tersebut 50 persen merupakan kategori II dan sisanya truk kategori III.

Sementara data PT HMSI menyebut, sepanjang Januari – April lalu penjualan truk Hino mencapai 7.099 unit. Rinciannya, kategori II atau truk – di bawah 10 ton – tercatat 2.965 unit. Sedangkan 4.134 unit lainnya adalah truk kategori III, yaitu truk dengan bobot diatas 10 ton dan dibawah 26 ton.

Penjualan dalam empat bulan pertama itu, meningkat hampir dua kali lipat dibanding periode sama tahun 2009. Pada saat itu, penjualan truk Hino kategori II tercatat 3.733 unit, yaitu 1.264 unit kategori II dan 2.469 unit kategori III.

"Saya rasa tren pasar seperti kembali lagi ke tahun 2008 lalu, sangat baik," tandas Jusak.

Seiring dengan peningkatan target itu, kinerja produksi pun digenjot. Ihwal ini, Kristijanto, Deputy Associate Director, Corporate Affair HMSI mengatakan, pihaknya tengah memberikan pelatihan kepada karyawan untuk peningkatan produksi itu.

“Kami siapkan dua shift kerja, sehingga produksi bisa meningkat 30 persen atau sekitar 45.000-an per tahun. Ini diharapkan bisa dimulai dalam satu hingga dua bulan mendatang, sehingga lonjakkan permintaan pasar saat ini bisa dipenuhi," kata dia.

Sedangkan menyinggung kantor baru, Toshiro Mizutani, Presiden Direktur PT HMSI mengatakan, selain sebagai pusat komando operasional keberadaan kantor itu juga untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen. ”Peresmian gedung baru ini memiliki makna yang sangat berarti bagi kami. Kantor baru ini akan menjadi simbol Hino yang memberikan nilai kepada konsumen dan masyarakat,” papar dia.

Selain meningkatkan kapasitas produksi 35.000 unit per tahun, kata Mizutani, PT HMSI juga menargetkan pengembangan jaringan . “Tahun ini kami tragetkan ada 113 sales outlet, 100 service outlet dan 1.200 part outlet untuk mendukung penjualan dan pelayanan purna jual,” imbuh Mizutani.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi