Manurhin, Skuter Langka Ditawarkan Rp 25 Juta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 8 Mei 2010 18:50 WIB
Manurhin Scooter

TEMPO Interaktif, Jakarta:Skuter Manurhin, barangkali nama yang asing di telinga kita. Maklum, di Indonesia, skuter asal Perancis yang diproduksi pada 1956 itu sangat langka. 

Sabtu (8/5),Kristian, seorang pedagang motor lawas memboyong dua skuter -masing-masing berwarna biru dan hijau - itu di perhelatan bursa otomotif 'Tumplek Blek' yang digelar di Parkir Timur Senayan 8-9 Mei.

Keduanya, belum pernah digunakan wira wiri di jalanan. Terbukti  di  penunjuk jarak  pada Manurhin warna hjiau tertera angka 5 atau baru menempuh jarak lima kilometer. Sedangkan di tipe berkelir biru indikator menunjukkan angka 4 alias baru dipakai untuk jarak empat kilometer. 

Kendati telah 40 tahun tak pernah dipakai, namun mesin dan komponennya masih 100 persen asli. 

"Ini kondisinya masih seperti saat kami temukan beberapa bulan yang lalu. Tetapi, mesin dan komponen yang ada masih asli meskipun ada sedikit karat," tutur Kristian kepada Tempo, di area parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (8/5).

Menurut Kristian, dirinya sengaja menjual Manurhin dengan kondisi apa adanya karena ingin memberikan keleluasaan kepada calon pembeli untuk membangun kembali skuter yang melegenda di Eropa itu.

"Jadi kami menjual bakalan, sehingga calon pembeli bisa melakukan modifikasi atau membangun kembali skuter ini sesuai dengan selera mereka," aku pedagang motor lawas dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan itu.

Lantas bagaimana dengan minat calon pembeli? Dari pengamatan Tempo, tak sedikit pengunjung bursa otomotif yang menaruh minat ke skuter tersebut. "Jumlahnya memang langka, dan dari sisi desain dan teknologi skuter ini memang unik. Artinya lain daripada yang lain, dan untuk motor pada zamannya, teknologi skuter ini sudah sudah jauh lebih maju," aku Farhan, warga Vila Melati Mas, Serpong yang ditemui di lokasi.

Skuter Manurin dibekali mesin 90cc dan sudah bertransmisi otomotis. Motor ini diproduksi Manufacture de Machines du Haut-Rhin atau Manurhin, yaitu sebuah perusahaan senjata di Perancis dan mulai diproduksi dan diperkenalkan pada 1956.

Di Inggris dikenal dengan nama Concord, sedangkan di luar Inggris dikenal dengan nama Manurhin MR75. Pada 1957, Manurhin menjadi skuter yang dikenal di Eropa selain Lambretta dan Vespa.

Lantas berapa skuter lawas itu dibanderol? Kristian menyebut Rp 50 juta untuk dua buah skuter itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi