Toyota Pasarkan Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Pada 2015  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 8 Mei 2010 20:44 WIB
REUTERS/Christian Hartmann

TEMPO Interaktif, California:Setelah sukses dengan mobil versi hybrid, Toyota Motor Corporation (TMC) akan memasarkan mobil berbahan bakar hidrogen. Bahkan pabrikan ini mematok target, telah memasarkan sedan berbahan bakar hidrogen itu pada 2015 mendatang.

Menurut Yoshihiko Masuda, Managing Director for Advance Car Toyota seperti dikutip automotivenews, Sabtu (8/5), harga mobil itu dipatok tak lebih dari US$ 50 ribu atau sekitar Rp 470 juta.

Pabrikan ini mengaku telah berhasil menurunkan ongkos produksi pembuatan mobil berbahan bakar hidrogen hingga 90 persen. “Target kami, kami tidak rugi bila memperkenalkan mobil baru itu,” tutur Masuda. “Biaya produksi harus bisa ditutup oleh harga kendaraan,” imbuh dia.

Masuda mengatakan, dengan semakin terjangkaunya harga mobil tersebut maka upaya pengembangannya paun semakin cepat. Pasalnya hingga saat ini pengembangan mobil berbahan bakar hidrogen masih tertinggal jauh dibanding mobil bertenaga listrik.

Sementara, mobil hidrogen juga memiliki keunggulan yang tak kalah dengan mobil listrik seperti emisi gas yang tidak berbahaya karena hanya berupa uap air. Selain itu, mobil berbahan bakar hidrogen juga mampu menempuh jarak yang takl kalah dengan mobil berbahan bakar dari fosil maupun listrik.

Proses pengisiannya pun lebih mudah,bahkan dibanding proses pengisian baterai mobil listrik sekalipun. Hanya, mobil ini masih memiliki kekurangan, yaitu infrastruktur pengisian bahan bakar yang masih belum mendukung.

Kendati demikian, TMC optimistis seiring dengan kebutuhan para pemangku kepentingan di bidang transportasi serta kesadaran masyarakat terhadap kelangsungan lingkungan hidup, maka pembangunan infrasktur akan terjadi.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi