Lagi, Nissan Tarik 48 Ribu Unit Produknya
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 15 Mei 2010 10:31 WIB
Automotivenews.com

TEMPO Interaktif, Detroit:Pabrikan otomotif asal Jepang, Nissan Motor Company, akan menarik 48.700 produknya di Amerika Serikat pada pekan depan. Model yang ditarik adalah varian pick up dan sport utility vehicle (SUV), yang terdiri dari Nissan Armada, Frontier, Titan, Pathfinder, Xterras, serta QX56 Infiniti.

Produk tersebut merupakan model buatan 2009. Sistem suspensi semua model itu ditengarai bermasalah, karena pengelasan yang tidak benar.

Seperti dilansir automotivenews.com, Sabtu (15/5), Nissan Motor mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan Lembaga Nasional Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA). "(Rencana) penarikan ini masih kami bicarakan dengan NHTSA," ujar Colin Price, Juru Bicara Nissan Motor.

Price menjelaskan, pihaknya telah mengindentifikasi cacat pengelasan di sistem suspensi sejumlah model Nissan yang akan ditarik tersebut. "(Akibatnya), lapisan bushing bisa retak dan berpotensi menimbulkan kecelakaan," tandas dia.

Namun, hingga saat ini, pabrikan otomotif itu belum menerima laporan tentang adanya kecelakaan yang diakibatkan oleh permasalahan di sistem suspensi tersebut.

Penarikan itu merupakan kali kedua di Mei ini. Sebelumnya, pada 5 Mei lalu, Nissan telah menarik 134.215 sedan Infiniti G35 yang diproduksi 2005-2006 dan G35 coupe buatan 2005-2007 karena kantong udara yag tak beres.

Meski tidak terjadi kecelakaan, kantong udara mengembang secara tiba-tiba dan meledak sehingga bisa membuat cedera pengemudi dan penumpang.

Model yang ditarik tersebut adalah produk yang dipasarkan di dalam dan di luar Amerika, seperti di Korea Selatan, Kanada, Puerto Rico,Taiwan, Guam, dan Timur Tengah.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi