Pasokan Ford Everest dan Ranger Tak Terpengaruh Situasi di Thailand
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 16 Mei 2010 13:57 WIB
Mobil Ford Everest saat Launching di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (25/6). PT Ford Motor Indonesia (FMI) meluncurkan mobil sport utility vehicle (SUV) terbaru New Ford Everest dan New Ford Ranger . Tempo/Anold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta - Gonjang-ganjing politik dan keamanan di Thailand yang semakin meluas dikhawatirkan berpengaruh terhadap kegiatan ekspor impor dari dan ke Negeri Gajah Putih itu. Salah satu industri itu adalah industri otomotif Indonesia, karena tak sedikit di antara mereka yang mengimpor maupun mengekspor produknya ke Thailand.

PT Ford Motor Indonesia (FMI) misalnya, selama ini mengimpor Sport Utility Vehicle (SUV) Ford Everest dan pick up Ford Ranger, serta pick up kedua tipe itu dari Thailand. Meski demikian, FMI menjamin pasokan varian itu ke Indonesia tidak akan terganggu.

“Kami jamin hingga saat ini aman dan mudah-mudahan ke depan juga begitu. Eskalasi kerusuhan yang di Bangkok tidak menjalar ke tempat perakitan Ford Everest maupun Ranger yang ada di Rayong yang berjarak 100-120 kilometer dari Bangkok,” papar Davy Tuilan, Direktur Pemasaran PT FMI saat dihubungi Tempo, di Jakarta, Minggu (16/5).

Selama ini, kata Davy, FMI mengimpor varian SUV dan pick up itu dari Thailand sebanyak 500-600 unit per bulan. “Sedangkan untuk Ford Escape dan Focus kami mengimpornya dari Filipina,” tandas dia.

Davy juga menegaskan, para pemilik Everest maupun Ranger tidak perlu khawatir dengan persediaan suku cadang mobil mereka terkait dengan situasi di Thailand. Pasalnya, berbagai suku cadang kedua mobil besutan Ford hingga saat ini masih tersedia dengan jumlah yang sangat banyak.

“Di setiap dealer kami masih melimpah, tidak perlu khawatir,” aku Davy.

Menyinggung penjualan, Davy mengaku sepanjang kuartal pertama Everest dan Ranger membukukan angka yang cukup siginifikan. “Awal tahun ini cukup menakjubkan,” sebut pria ramah itu.

Sebelumnya, Presiden Direktur FMI, Will Angove mengatakan, penjualan Ford sepanjang kuartal pertama 2010 mencapai 1.102 unit mobil. Dari jumlah itu, pick up Ranger mencapai 739 unit atau naik 75 dibandingkan periode yang sama 2009.

Adapun SUV Ford Everest selama kurun waktu itu, mencatatkan penjualan 299 unit, atau naik 24 persen dibanding pertiode tiga bulan pertama 2009.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi