Martin Apfel: GM Indonesia Siap Produksi MPV di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 19 Mei 2010 23:46 WIB
Martin Apfel President of GM South East Asia Operations yang baru (kanan) dan Mukiat Sutikno Managing Director PT General Motor Autoworld Indonesia di Jakarta, Selasa (18/5) (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - General Motors tetap dengan komitmennya menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi. Hal itu ditegaskan Martin Apfel, President of GM South East Asia Operations, yang baru. Ia menyebutkan pihaknya sudah melakukan berbagai studi untuk memproduksi MPV 7-seater yang cocok untuk Indonesia dan kawasan Asia.

"Kami sudah mengirimkan desainer yang melakukan penelitian dan survei mobil seperti apa yang cocok di bangun di Indonesia," kata Martin Apfel dalam kujungan pertamanya ke Indonesia, Rabu (18/5).

Pria Jerman yang mudah akrab dengan wartawan tersebut mengatakan GM menilai Indonesia tidak hanya sebagai pasar potensial di kawasan Asia tapi juga produsen. Karena itu, ketika GM direstrukturisasi menjadi New GM, pabrik di Pondok Ungu, Bekasi, dinilai sebagai salah satu aset menjanjikan sehingga tetap dipertahankan.

"Ketika kami menginvestasikan pabrik ini pada tahun 2005, kami melakukannya untuk jangka panjang. Meski sempat vakum tapi ke depan, kami yakinkan pabrik ini akan kembali memproduksi kendaraan yang akan dipasarkan di Indonesia," tegasnya.

Ia mengatakan kemungkinan terbesarnya adalah Chevrolet di Indonesia membangun mobil MPV 7-seater yang memang sangat populer. Namun ia belum bisa mengungkapkan kapan waktu persisnya produksi tersebut dimulai.

Hal tersebut diamini Mukiat Suktikno, Managing Director PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI) yang menjadi pemegang merek Chevrolet di Indonesia. "Kami ingin melakukan market reseach yang mendalam untuk menghasilkan kendaraan yang benar-benar diterima. Kami akan memproduksi ketika benar-benar siap 100 persen. Butuh waktu untuk persiapan pabrik, peralatan, dan orang-orang," katanya.

Saat ini, GMAI memasok produknya dari luar. Sport Utility Vehicle (SUV) Captiva, Sedan Optra Magnum, dan sedan taksi Lova didatangkan dari Thailand. Sedangkan tiga produk lainnya seperti sedan terbaru Chevrolet Cruze, serta dua mobil hatchback, Aveo dan Spark, didatangkan dari pabrik Korea Selatan.

"Filosofi GM, we build where we sell. Karena pasar Indonesia khusus, kami harus menyesuaikan diri dan membuat berdasarkan kebutuhan pembeli di sini,” tegas Martin Apfel yang menggantikan posisi Steve Carlisle.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi