Triumph Luncurkan Generasi Baru Sprint ST  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 25 Mei 2010 13:14 WIB
triumph.co.uk
TEMPO Interaktif, Montreal - Setelah memperkenalkan tipe touring Sprint ST (Sport Tourer) pada 2005, kini Triumph memperkenalkan model anyar di jajaran tipe itu, Triumph Sprint GT (Grand Tourer) 1005 cc. Model itu, kata sumber di Triumph, seperti dikutip motormagz, Selasa (25/4), merupakan gabungan antara aura sport dengan kepraktisan fungsi sebuah motor sport touring.

“Pasar motor terus berusaha memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen yang semakin kritis. Karena itu, kami sebagai produsen motor berupaya untuk mengembangkan dan menghadirkan sebuah produk sesuai keinginan mereka,” tutur Jim Callahan, Marketing Manager Triumph Amerika Utara.

Indianon2wheels.com, menyebutkan, sentuhan perubahan mendominasi tampilan motor baru tersebut. Fairing misalnya, kini tampil dengan rancangan baru dengan lekukan dan garis yang lebih tajam.

Bagian cockpit juga tak luput dari sentuhan itu. Kini area sekitar kemudi itu dilengkapi panel instrumen terpadu dengan menggabungkan speedometer, tachometer, serta beberapa indikator seperti tingkat konsumsi bahan bakar, jarak yang ditempuh, laju kecepatan motor, hingga penunjuk waktu.

Sementara di sektor mesin, Triumph mengklaim tenaga motor anyar besutannya itu meningkat 5 daya kuda dibanding generasi sebelumnya, sehingga menjadi 130 daya kuda. Begitu pun dengan torsi mesin, kini menjadi 79,7 ft-lb pada 6.300 rpm atau lebih besar 3,7 ft lb ketimbang tipe lawas.

Model touring baru ini menggunakan rem Antilock Braking System (ABS) dan dua keping cakram kembar ukuran 320 milimeter, empat piston kalipier Nissin di roda bagian depan. Sedangkan di bagian belakang, menggunakan cakram tunggal dua piston kaliper Nissin.

Adapun roda, Triumph model 2011 ini menggunakan ban ukuran 120/70 ZR 17 untuk bagian depan dan ukuran 180/55 ZR 17 untuk bagian belakang. Untuk sistem transmisi, pabrikan motor asal Inggris itu, membekali Triumph baru itu dengan kopling basah multi plat. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 31 liter.

Rencananya, Triumph generasi anyar ini dipasarkan Amerika pada musim panas, dengan banderol US$ 13.199 atau sekitar Rp 122,75 juta ( kurs 1 dolar = Rp 9.300). ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi