Aston Martin Milik James Bond Terjual Rp36,6 Miliar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 28 Oktober 2010 14:30 WIB
AP /Kirsty Wigglesworth
TEMPO Interaktif, Jakarta -Harry Yeaggy, pengusaha Amerika Serikat membeli mobil James Bond 1964, Aston Martin DB5, dengan harga 2,9 juta poundsterling (Rp 36,6 Miliar) dalam sebuah lelang di London, Rabu (27/10). Yeaggy bersumpah akan membawa mobil itu keliling London.  
Aston Martin DB5 dikemudikan oleh Sean Connery saat berperan menjadi agen dinas rahasia Inggris MI6. Mobil ini tampil dalam dua film Bond, "Goldfinger" dan Thunderball", Aston Martin DB5 ini rencananya akan diboyong Yeaggy ke Amerika Serikat untuk dipajang di museum mobil di Ohio. 
Setelah memenangkan lelang, Yeaggy mengaku dia sempat ragu terbang ke London, tapi di menit akhir dia memutuskan berangkat. "Saya mengira orang Eropa yang akan membelinya, tapi ternyata mereka tidak menghargai seperti saya," ujarnya. 
"Ini adalah mobil yang sejak dulu selalu aku ingini. Ini adalah mobil paling terkenal di dunia," kata Harry di dalam pernyataan tersebut. 
Harry adalah orang kedua yang menjadi pemilik mobil dengan warna perak itu. Penjualnya, Jerry Lee, penyiar radio Amerika yang berpusat di Philadelphia, Pennsylvania, membeli mobil tersebut langsung dari pabrik Aston Martin Lagonda dengan harga 12.000 poundsterling pada 1969. Jerry berencana memanfaatkan hasil penjualan itu buat amal. 
Mobil Bond ini adalah satu dari dua, dan satu-satunya yang tersisa, dari kendaraan asli "007" DB yang muncul di layar dan dikendarai Sean di "Gold finger" serta "Thunderball". 
Model mobil tersebut dijual lengkap dengan perangkat "Q-Branch" termasuk senapan mesin, pelindung anti-peluru, plat nomor yang bisa berputar, peralatan pelacak, panel atap yang bisa dibuka, penyemprot oli, penyebar paku dan layar asap. 
Beberapa alat bisa berfungsi, kendati senapan mesinnya bukan sungguhan. 
 
BBC | REUTERS | PGR 
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi