Power Steering Bermasalah, Chrysler Tarik 72 Ribu Dodge Ram
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 15 Desember 2010 15:42 WIB
Dodge Ram Laramie. Foto: Dodge

TEMPO Interaktif, Detroit - Produsen mobil Chrysler Group LLC akan menarik 76 ribu unit pikap Dodge Ram besutannya karena sistem power steering mobil tersebut bermasalah. Mobil yang ditarik tersebut merupakan produk yang dibuat pada Maret 2009 - Oktober 2010.

Pengumuman penarikan produk oleh Departemen Perhubungan Amerika Serikat yang dilansir Wall Street Journal dan dikutip gasgoo.com, Rabu (15/12), menyebutkan permasalahan di peranti power steering itu mempengaruhi sistem kerja peranti rem hydroboost.

Rem tidak bisa kembali ke posisi semula secara cepat setelah pedal rem diinjak. Hal itu dinilai berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Juru bicara Chrysler mengatakan hingga saat ini pihaknya tidak menerima satu laporan pun yang menyebut telah terjadi kecelakaan dan mengakibatkan korban meninggal atau luka akibat permasalahan itu.

Pabrikan ini mengaku segera memberi tahu pemilik mobil untuk segera menghubungi dealer guna mendapatkan perbaikan. Layanan perbaikan diberikan secara cuma-Cuma.

Pikap ini merupakan salah satu mobil paling laris di Amerika Serikat. Pada Agustus lalu penjualannya berada di urutan kesembilan atau mencapai 18.995 unit. Sedangkan sepanjang November penjualannya mencapai 18.206 unit atau berada di urutan enam mobil terlaris di Negeri Abang Sam pada bulan itu.

Selain dijual di Amerika Serikat, mobil tersebut juga dipasarkan di beberapa negara termasuk di negara Asia melalui importir umum. Mobil yang ditawarkan dalam tiga varian mesin, yaitu 3.700 cc V6, 4.700cc V8, serta 5.700 cc V8 HEMI itu diproduksi dalam dua tipe penggerak roda, 4x2 dan 4x4.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi