Sukses, Uji Terbang Honda Jet
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 23 Desember 2010 20:18 WIB
Honda Jet (Dok. Honda)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Lebih dikenal sebagai pabrikan mobil dan sepeda motor, Honda ternyata juga piawai dalam urusan pesawat terbang. Proyek pesawat terbang pertama Honda sukses dengan mengudaranya Honda Jet di Pusat Fasilitas Honda Aircraft Company di Bandara Internasional Piedmont Triad, Greensboro, Negara Bagian North Carolina, Amerika Serikat, 21 Desember kemarin.
Penerbangan ini merupakan penerbangan resmi pertama Honda Jet di bawah komando Federal Aviation Administration (FAA), badan penerbangan Departemen Trasportasi Amerika Serikat.
Dalam acara peluncuran tersebut, pesawat Honda Jet mengudara selama 51 menit. Dari hasil tes telemetri, pesawat ini lolos uji tes standar keamanan yang berlaku dan juga berhasil menampilkan performa yang baik. Kecepatan maksimal yang mampu dicapai oleh pesawat ini adalah 420 knot atau setara dengan 483 mph. Honda Jet juga mampu mencapai ketinggian maksimal 43.000 kaki.
President & CEO Honda Aircraft Company, Michimasa Fujino sangat lega karena seluruh rangkain tes berada di bawah pengawasan ketat dari FAA, terlebih hasil tes berjalan dengan baik. "Pengujian ini sangat penting bagi program Honda Jet," katanya seperti dikutip laman pabrikan tersebut.
Dengan hasil tes ini, Honda akan memulai proses produksi pesawat jet pertamanya. Fujino juga menambahkan bahwa akan terus memberikan segenap kemampuan demi memberikan kepuasan yang tertinggi kepada konsumen sesuai dengan salah satu filosofi Honda.  
Seiring dengan dimulainya keterlibatan Honda dalam industri pesawat terbang, langkah selanjutnya yang akan diambil oleh Honda adalah memperluas fasilitas pabrik di Greensboro seluas 872.000 meter persegi untuk digunakan dalam proses produksi bagian interior pesawatnya.
Honda Aircraft Company juga akan menambah personilnya demi kelangsungan proses produksi pada awal tahun 2011. Proses perakitan bagian eksterior pesawat akan mulai digarap juga dan ditargetkan akan mulai dijual kepada konsumen pada kuartal ketiga di tahun 2012 mendatang.  
RAJU FEBRIAN
#Otomotif
#Honda

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi