Hati-hati, Mobil Paling Banyak Dicuri Saat Tahun Baru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 28 Desember 2010 22:00 WIB
Pencurian mobil di Amerika Serikat terjadi paling banyak saat tahun baru. (prnewswire.com)
TEMPO Interaktif, Los Angeles - Keceriaan dan kegembiraan saat perayaan pergantian tahun ternyata banyak dimanfaatkan pencuri. Laman autoevolution.com, Selasa (28/12), melansir jika jumlah pencurian kendaraan di Amerika Serikat paling banyak terjadi saat tahun baru. Favoritnya adalah mobil-mobil keluaran Jepang.

Demikian data yang dikeluarkan Biro Nasional Kejahatan Asuransi (NICB) Amerika Serikat, awal pekan ini. Laporan itu mengingatkan bahwa tahun baru adalah waktu yang paling berbahaya untuk kendaraan. Disebutkan jika saat tahun baru jumlah kendaraan yang dilaporkan dicuri di negri Abang Sam itu mencapai 2.760 unit.

Setelah tahun baru, pencurian terbanyak terjadi saat Halloween yang dirayakan pada 31 Oktober (2.325 kendaraan) serta Hari Kemerdekaan pada 4 Juli (2.207 kendaraan). Lucunya, angka pecurian mobil terkecil atau terendah jutrsu terjadi saat Natal pada 25 Desember. NCIB menyebut saat Natal, jumlah mobil yang curi hanya 1.336 kendaraan.

"Meskipun pencurian menurun di enam tahun terakhir -- berdasarkan data FBI tujuh tahun terakhir -- namun kita harus tetap waspada. Selalu pasar gelap untuk menampung kendaraan curian dan mobil masih menjadi favorit pencurian," tulis NICB dalam keterangannya.

Nah, mobil apa yang paling banyak dicuri? NICB melansir jika pencuri ternyata lebih menyukai mobil-mobil asal pabrikan Jepang. Tercatat mobil favorit adalah Toyota Camry (tahun 1991), Honda Accord (tahun 1994), Honda Civic (1995), Ford F-150 (1997), dan Dodge Ram (2004).

RAJU FEBRIAN 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi