Toyota Dikabarkan Mulai Memproduksi Yaris Hybrid
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 6 Januari 2011 11:59 WIB
AP/David Zalubowski
TEMPO Interaktif, Sendai - Toyota Motor Corporation (Toyota), Kamis (6/1), mulai mengoperasikan pabrik baru guna memproduksi mobil kecil untuk pasar ekspor di Asia dan Amerika Utara.

Seperti dilansir kyodonews.jp dan Nikkei.com, Kamis (6/1), satu di antara mobil kecil yang akan diproduksi di pabrik yang terletak di Prefektur Miyagi itu adalah sedan Yaris yang di Jepang disebut Belta.

“Pabrik baru itu berkapasitas 120 ribu unit mobil per tahun,” tulis nikkei.

Sebelumnya, seorang sumber di pabrikan itu seperti dilansir The Japan Times Online mengatakan, Toyota akan memproduksi Toyota Yaris versi hybrid di pabrik anyar itu.

Rencananya, mobil kecil hybrid itu mulai dipasarkan pada 2011 ini dengan banderol sekitar 1,5 juta yen atau sekitar Rp 167,5 juta (kurs 1 yen = Rp 111,7). “Mobil itu memiliki performa lebih bagus dibanding Prius, konsumsi bahan bakarnya satu liter untuk 40 kilometer,” aku sumber tersebut.

Beberapa anak perusahaan Toyota juga dikabarkan segera beroperasi di Taiwa, Perfektur Miyagi. Satu di antaranya Panasonic EV Energy Co, yang akan menyuplai baterai motor listrik mobil hybrid tersebut. ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi