Saingi Nissan dan Chevrolet, Ford Perkenalkan Focus Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 8 Januari 2011 17:23 WIB
Ford Focus Electric. AP/Ford Motor Co.

TEMPO Interaktif, Las Vegas - Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Company (Ford), Sabtu (8/1) memperkenalkan mobil listrik pertama besutannya, yaitu Ford Focus listrik, di Las Vegas, Amerika Serikat. 

Sebelumnya, Jumat (7/11) Ford juga menggelar acara yang sama di New York.

Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (8/1), mobil bertenaga setrum itu mulai dipasarkan akhir tahun ini. Ford mengklaim Focus listrik itu memiliki sejumlah keunggulan dibanding mobil sejenis besutan merek lain.  "Proses pengisian baterainya cukup singkat dengan hasil yang maksimal," sebut pabrikan itu.

Ford mengaku, untuk mengisi baterai ion lithium yang disandang mobil itu cukup menggunakan colokan listrik rumah  240 volt dalam waktu 3-4 jam.  Bila baterai terisi penuh mampu membawa mobil hingga jarak 160 kilometer. "Kecepatan tertinggi mencapai 136 kilometer per jam," terang Ford.

Para pemilik Focus Electric dapat mengetahui status kendaraannya via handphone. Mereka bisa mengatur pengisian baterai dari jarak jauh, mendapat peringatan status baterai, mencari rute paling ekonomis, dan lain-lain via handphone.

Sherif Marakby, Direktur Program Produk Listrik dan Rekayasa Ford seperti  dilansir autogreen.com, mengatakan, Focus listrik itu juga dilengkapi sejumlah fitur canggih. Ia menyebut contoh sistem navigasi yang dioperasikan melalui suara pengemudi.

Fitur lainnya, pengguna mobil bisa mengetahui kondisi mobil melalui telepon seluler mereka. "Mereka akan mendapatkan informasi kondisi baterai, atau memilih rute yang paling efisien," kata dia.

Selain fitur tersebut, Ford menyematkan beberapa peranti sebagai fitur standar, misalnya enam airbag, peranti kontrol traksi secara elektronik, serta sambungan telepon hands free Sync.

Pabrikan asal Michigan itu mengakui siap bertarung dengan Nissan Motor Company yang telah memasarkan mobil listrik Nissan Leaf dan Chevrolet yang mengusung Chevrolet Volt ke pasar otomotif global. Hanya, hingga kini pabrikan itu belum mengumumkan harga Focus bertenaga setrum itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi