All New Hyundai Veloster, Mobil Coupe Berteknologi Canggih  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Januari 2011 10:44 WIB
.

TEMPO Interaktif, Detroit - Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai Motors, unjuk keunggulan di gelaran North America International Auto Show (NAIAS) 2011 dengan memboyong sejumlah mobil konsep dan mobil anyar. Satu di antara mobil tersebut adalah coupe Hyundai Veloster.

Seperti dilansir The Auto Channel, Rabu (12/1), mobil berukuran kompak itu secara fungsional mirip dengan varian hatchback karena ukurannya. "Mobil ini mengusung mesin 1.600 cc empat silinder dan berteknologi Gasoline Direct Injection (GDI) Gamma. Peranti transmisinya menggunakan kopling ganda manual enam tingkat percepatan," sebut sumber di pabrikan itu.

Namun, daya tarik yang cukup membetot perhatian adalah fitur kenyamanan yang disandangnya, yaitu peranti telematika Blue Link. Memang peranti itu bukan barang baru di dunia gadget, namun kehadirannya di model besutan Hyundai menjadi satu penanda langkah maju.

"Sistem tersebut menggunakan radio internet Pandora yang dilengkapi layar sentuh berukuran tujuh inci," sebut Hyundai.

Sejumlah aplikasi ditawarkan peranti tersebut, misalnya berselancar di internet dengan menggunakan suara. Selain itu, pengguna mobil juga bisa memanfaatkannya untuk up date status di Facebook, berkicau di twitter, mengirim pesan pendek, atau mengirim email.

Bahkan, peranti itu juga terhubung dengan perangkat navigasi yang mampu melacak keberadaan mobil. Walhasil, pemilik mobil akan lebih mudah menemukan mobilnya ketika kendaraan tersebut digondol maling.

Tak cuma itu. Peranti ini juga dilengkapi Automatic Crash Notification (ACN) and Assistance yang menghubungkan ke pusat layanan kecelakaan sehingga akan cepat mendapatkan pertolongan bila terjadi kecelakaan.

Penumpang atau pengemudi juga bisa menekan tombol SOS Emergency Assistance bila mobil mengalami kecelakaan. Fitur itu langsung menghubungi pengemudi ke saluran pusat pertolongan darurat 911.

"Blue Link merupakan paduan komplet antara sistem layanan, hiburan, serta keamanan. Peranti itu selain memberi kemudahan juga menghindarkan pengemudi atau penumpang mobil dari risiko," papar Barry Ratzlaff, Direktur Pengembangan Produk dan Kepuasan Konsumen, Hyundai Amerika.

Hanya, Hyundai belum memberikan informasi ihwal jadwal pemasaran coupe berteknologi canggih itu. Begitu pula dengan ancar-ancar banderolnya. Pabrikan itu hanya menyebut Veloster merupakan satu di antara model 2012 besutannya.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi