Ducati Indonesia Pastikan Tidak Ada Penarikan Multistrada 1.200 S
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 17 Januari 2011 13:40 WIB
motorcycle.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Supermoto Indonesia, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ducati di Indonesia menegaskan, hingga saat ini tidak ada penarikan sepeda motor Ducati Multistrada 1.200 S. Pasalnya, spesifikasi dan komponen varian Ducati  yang dipasarkan di tanah air itu berbeda dengan motor yang ditarik di beberapa negara.
“Varian, model, dan proses perakitannya sama yaitu di Italia. Tetapi, spesifikasinya disesuaikan dengan perilak, gaya berkendara, serta kebutuhan konsumen di negara yang menjadi tujuan pemasaran,” papar Agus S. Nugroho, President Director PT Supermoto kepada Tempo, di Jakarta, Senin (17/1).
Nugroho menjelaskan, karena spefisikasi yang berlainan maka komponen dan perangkat pendukung lain yang dibutuhkan juga berbeda. “Sehingga, antara yang ada di wilayah Amerika Utara, Italia, Australia, dan Indonesia juga berbeda-beda. Kami sudah cek ternyata memang beda. Sehingga, kami tegaskan tidak ada penarikan di kita ,” jelas dia.
Seperti dilansir Autoevolution, Senin (17/1) Ducati divisi Amerika Utara  (Amerika Serikat, kanada, dan Meksiko) akan menarik sekitar 1.196 unit Multistrada 1200S yang diproduksi 2010. Alasan penarikan karena peranti Electronic Control Unit (ECU) bermasalah.
“Pada saat kopling terbuka pada posisi idle mesin tiba-tiba berhenti , hal itu berpotensi menimbulkan risiko kecelakaan,” sebut Ducati di negara itu.
Ducati New Multistrada 1200S di wilayah itu dilengkapi beberapa fitur canggih, seperti Ducati Elektronic Suspension (DES), Active Traction Control (ATC), Antilock Braking System (ABS), serta Electronic Control Unit (ECU.  Ducati wilayah Amerika Utara membanderolnya US$ 14.995 atau sekitar Rp137 juta lebih.
Sedangkan di Indonesia, varian ini dipasarkan pada pertengahan 2010 lalu. “Jumlah populasi di tanah air juga masih belum banyak sekitar 10 – 15 unit,” kata Nugroho. Hanya, Nugroho  enggan menyebut harga Multistrada 1.200S di tanah air. Namun, sumber lain menyebut motor sport turing itu dibanderol di kisaran Rp 480 – 550 juta.
ARIF ARIANTO
 
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi