Mazda Berniat Luncurkan SUV Terbaru, CX-5  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 19 Januari 2011 08:12 WIB
Mazda Minagi Concept (Dok. Mazda)
TEMPO Interaktif, Russelheim - Setelah berhasil memasarkan tiga varian Sport Utility Vehicle (SUV) yaitu Mazda CX-7, CX-9 dan Mazda Tribute di pasar global, kini Mazda Motor Corporation menyiapkan satu lagi varian anyar. Mazda CX-5 atau di Jepang disebut Minagi, itulah nama SUV baru tersebut.

Seperti dikutip automotinews dari  autonet.at, Rabu (19/1), mobil itu rencananya  diperkenalkan di gelaran Geneva Auto Show 2011 yang akan berlangsung 1 – 13 Maret mendatang. “Sketsa mobil ini akan dirilis pada  19 Januari (atau  malam hari waktu Indonesia). Beberapa waktu  lalu tertangkap kamera saat diuji di Eropa,” sebut laman itu.

Minagi merupakan SUV empat pintu dan disebut-sebut lebih bergaya ketimbang Hyundai iX35 atau Hyundai Tucson. Mobil ini akan diluncurkan di hajatan Frankfurt Auto Show 2011 pada September mendatang.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, seorang pejabat senior di Mazda seperti dilansir autoevolution, mengatakan crossover itu dibangun berdasar konsep Mazda Hakaze 2007. “Tetapi inovasi besar diharapkan bisa ditemui di sektor mesin,” tutur dia.

Pejabat itu menegaskan, mesin yang diusung  merupakan mesin generasi baru Sky Engines. Mesin ini diklaim efisien, halus, serta menggunakan injeksi langsung.

Efisiensi konsumsi bahan bakar itu juga ditunjang oleh pengunaan teknologi i-Stop atau sistem start –stop. Peranti itu berfungsi mematikan sementara mesin di saat mobil berhenti sejenak dan segera mengaktifkannya saat pengemudi menginjak pedal gas.

Terlebih, bobot mobil juga dibuat lebih ringan, sehingga mampu menghemat bahan bakar hingga 30 persen. Hanya, hingga kini belum ada informasi tentang jadwal pemasaran mobil tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi