VW Mulai Memasarkan Touareg Hybrid di Asia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 20 Januari 2011 09:52 WIB
www.thaiautomaxx.com
TEMPO Interaktif, Tokyo - Mengawali tahun 2011, produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) AG kembali membuat gebrakan di Asia, dan VW memulainya di Jepang.  Rabu (19/1) pabrikan itu meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) VW Touareg versi standar generasi terbaru dan versi hybrid di negeri itu.
Laporan harian bisnis Nikkei seperti dilansir morningstar.com, Kamis (20/1) menyebut, keduanya mulai dipasarkan pada 17 Februari mendatang.  Touareg versi standar generasi anyar dibekali mesin 3.600 cc V6. Versi ini dilengkapi fitur idle stop system dan regenerative braking.
Peranti idle stop system berfungsi mematikan sementara mesin mobil kala kendaraan itu berhenti sejenak di depan lampu isyarat lalu lintas atau saat terjebak kemacetan. Walhasil, mesin tidak menyedot bahan bakar..
Adapun perangkat regenerative braking berguna untuk mendaur ulang setiap tenaga yang terbuang menjadi tenaga baru dan disalurkan ke mesin saat pengemudi melakukan pengereman. Berkat kedua peranti itu konsumsi bahan bakar Touareg anyar itu lebih hemat.  
“Penghematan konsumsi bahan bakar mencapai 38 persen, yaitu satu liter untuk 9,5 kilometer,” tulis Nikkei.
Tingkat efisiensi bahan bakar jauh lebih besar dibukukan versi hybrid, yaitu 13,8 kilometer per liter. “Tingkat keiritan itu hampir dua kali lipat dibanding versi standar sebelumnya,” sebut harian itu.
Touareg versi Hybrid itu dibekali mesin konvensional 3.000 cc V6 dan sebuah motor listrik. Kedua Touareg anyar itu mulai dipasarkan pada 17 Februari mendatang.
Versi  hybrid dibanderol 8,98 juta yen atau sekitar Rp 996,78 juta dan versi standar dihargai 6,23 juta yen atau sekitar Rp 691,53 juta (kurs 1 yen = Rp 111). Pada tahun pertama VW Group mematok target penjualan 1.500 unit.
Touareg pertama kali diluncurkan pada 2003. VW melakukan perubahan total pada generasi terbaru yang diluncurkan di Jepang tersebut.
Seperti dilansir worldnews.com, sebelumnya VW telah melakukan penjajakan pasar Asia untuk VW Toaureg hybrid pada 3 - 6 November 2010 lalu. Saat itu pabrikan ini memboyong mobil hybrid tersebut ke gelaran Eco Expo Asia 2010 di Hong Kong.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi