Februari, Suzuki Pasarkan Sedan Pesaing Camry di India
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 Januari 2011 11:31 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif, Suzuki Motor Corporation (Suzuki) Jepang, rencananya meluncurkan sedan mewah besutannya, Suzuki Kizashi di India pada pekan kedua Februari mendatang. Mitra lokal Suzuki di negeri itu, Maruti Suzuki India (MSI), membanderol sedan itu di kisaran RSs 12 lakh – Rs 20 lakh atau sekitar Rp 237,6 – Rp 396 juta. 
Seperti dilansir laman carwale.com, Jumat (21/1), Kizashi yang diimpor secara utuh dari Jepang itu menyandang mesin 2.400 cc yang bertenaga 185 daya kuda. “Tenaga itu akan disalurkan ke roda melalui peranti transmisi manual enam tingkat percepatan, dan untuk pasar Amerika menggunakan transmisi continously variable transmission (otomatis),” papar laman itu.
Mayank Pareek, Managing Executive Marketing & Sales Officer MSI seperti dikutip Business Standard mengatakan, sedan anyar itu akan bersaing dengan Toyota Camry, Honda Accord di kelas atas. Sedangkan di bawah kategori dua sedan itu, Kizashi akan bertarung keras dengan Volkswagen Jetta, Toyota Corolla, serta Honda Civic. “(pangsa) ini kecil namun cukup menjanjikan dan akan bertumbuh menjadi besar, mengingat ekonomi juga terus bertumbuh,” ucap dia.
Lantas bagaimana dengan Suzuki Indonesia? Akankah segera memboyong sedan itu ke tanah air? Endro Nugroho, Direktur Pemsaran PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) yang dihubungi beberapa waktu lalu masih enggan untuk memastikannya. “Kita tunggu saja. Nanti kalau sudah pasti, kami akan mengumumkannya,” kata dia.
Namun, seperti tertera di situs resmi Kementerian Perindustrian RI, PT SIS beberapa waktu lalu telah mengantongi izin Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bemotor (TPT) dengan nomor 419/IUBTT/TPT/12/2010. Izin tersebut untuk sedan bermesin 2.393 cc.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi