Volkswagen L1, Hanya Butuh 1 Liter BBM untuk 100 Kilometer  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 21 Januari 2011 13:44 WIB
Foto: wired.com
TEMPO Interaktif, Stuttgart - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) AG sejak beberapa dekade lalu berobsesi untuk menciptakan mobil dengan konsumsi satu liter Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk 100 kilometer. Kini, obsesi itu bakal segera terwujud.
Pasalnya, seperti dilansir worldcarfans.com dan autozone.com, Jumat (21/1), pabrikan itu bakal memamerkan mobil paling irit itudi gelaran Qatar Motor Show 2011 yang berlangsung 26 – 29 januari mendatang.  VW L1, itu nama mobil konsep tersebut.
Mobil yang pertamakali ditunjukkan ke publik di gelaran Frankfurt Motor Show 2009 lalu itu, rencananya mulai diproduksi pada 2013 mendatang. 
Sumber di VW mengatakan, mobil tersebut bakal menyandang mesin disel  800 cc TDI dan dilengkapi sebuah motor listrik. “Mesin itu hanya dua silinder dengan dilengkapi motor listrik yang menggunakan baterai ion lithium,” kata dia.
Tenaga yang dihasilkan mesin mencapai 27 – 39 daya kuda. Perbedaan semburan tenaga tersebut berebeda karena VW bakal memproduksinya dalam dua varian, yaitu standard an sport.
Menariknya, mobil yang berkapasitas dua orang, yaitu satu di depan dan satu di belakang itu menggunakan pintu yang menyerupai sayap burung Camar. Pintu itu sekaligus menjadi pintunya.
Hanya, hingga kini belum ada informasi ihwal harga dan dimana saja mobil itu bakal dijajakan.
ARIF ARIANTO
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi