Penjualan Mobil 2011 Diperkirakan Naik Tipis
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 25 Januari 2011 16:03 WIB
Pengunjung IIMS 2010 (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta -  Frost & Sullivan Indonesia memperkirakan penjualan kendaraan roda empat atau lebih di Indonesia pada 2011 ini akan meningkat tipis dibanding penjualan sepanjang 2010 lalu. Tahun ini penjualan diperkirakan hanya 797.258 unit atau meningkat 4,3 persen dibanding tahun lalu.

Vivek Vaidya, Asia Pacific Vice President, Automotive & Transportation Practice Frost & Sullivan, mengatakan penjualandi 2011 akan didorong dengan model facelift dan model baru yang direncanakan oleh beberapa produsen.

"Model facelift dan model kendaraan baru yang akan diluncurkan pada tahun 2011 termasuk Honda Jazz Hybrid, Honda Jazz facelift, Suzuki Kizashi dan Suzuki Alto," kata Vaidya pada acara 2011 Frost & Sullivan Indonesia Automotive Outlook Briefing di Jakarta, Selasa (25/1).

Dia mengatakan pada tahun ini permintaan mobil penumpang kemungkinan besar akan tumbuh sebesar 4,1 persen menjadi 563.933 unit. Kendaraan komersial akan meningkat 4,5 persen menjadi 233.325 unit. "Mobil penumpang akan tetap menjadi penyumbang terbesar bagi total penjualan kendaraan Indonesia, menyumbang sekitar 70,7 persen," ujarnya.

Hanya, Vaidya juga mengingatkan skenario optimistis tersebut juga menghadapi tantangan yang tidak kecil seiring dengan lahirnya beberapa kebijakan. Kenaikan pajak kendaraan bermotor progresif dan kenaikan bea balik nama yang diperkirakan sebesar 10-15 persen, pembatasan kendaraan, pengembangan Bus Rapid Transit (BRT) adalah di antara tantangan tersebut.

"Begitu pula dengan rencana pembatasan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang dimulai Maret mendatang," tandas dia.

Meski demikian, Vaidya mengaku optimistis. Pasalnya, populasi kaum muda Indonesia yang signifikan akan mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan dalam jangka panjang.

Ia memperkirakan pada 2014 penjualan kendaraan bermotor, khususnya roda empat atau lebih, akan menyentuh angka 1 juta unit. "Industri otomotif Indonesia juga berpotensi sangat besar untuk mencapai penjualan satu juta kendaraan pada tahun 2014, yang terutama didorong oleh populasi penduduk yang sangat besar di negara Indonesia," papar Vaidya.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi