Cara Mudah Membersihkan Lampu Utama dan Lampu Kabut Berembun
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 Februari 2011 11:51 WIB
mdwholesale.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Apakah kaca lampu utama dan lampu kabut mobil Anda tiba-tiba berembun? Pada saat cuaca tak menentu, yaitu semula panas terik tiba-tiba hujan atau sebaliknya, kemungkinan terjadinya masalah itu memang sangat besar.

Selain tak sedap dipandang, keberadaan embun di kaca lampu itu juga membuat pancaran cahaya bola lampu tidak terang. Walhasil, pandangan Anda kala mengemudikan mobil di malam hari juga akan terganggu.

"Penyebab embun masuk ke lampu, selain karena seal yang sudah aus juga bisa dikarenakan soket lampu yang tidak rapat atau renggang," tutur Ali Mustafa dari Jakarta Raya Motor, Pinang, Tangerang, Selasa (1/2).

Adapun embun di lampu kabut, menurut Ali, disebabkan karena penyekat antara rumah lampu dan tabung mika penutup mengalami kebocoran. Penyebab lainnya, bohlam yang tidak menutup sempurna karena terkena guncangan saat mobil melibas jalan berlubang atau kain penutup lubang hawa untuk lampu telah rusak.

Cara untuk mengatasi masalah itu cukup mudah. Anda pun bisa melakukannya sendiri. "Memang sedikit repot, namun bila telaten dan cermat, hasil akan memuaskan," kata dia.

Lantas apa saja langkah untuk memperbaikinya? Berikut tips dari Ali :

1. Lampu utamaa. Bongkar rumah lampu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka kap mesin mobil dan kemudian lepas baut pengunci lampu. Setelah itu, gunakan obeng minus untuk melepas karet seal di sambungan antara rumah lampu dan kaca mika.

Bila terasa sulit Anda bisa memanasi sambungan tersebut agar lem meleleh dan mudah untuk melepas sambungan. Ingat, jangan menggunakan api tetapi gunakan alat pengering rambut (hairdryer) atau alat lainnya yang menimbulkan hawa panas.

Setelah terlepas, bersihkan bagian dalam kaca mika dan rumah lampu dengan kain lembut yang kering.

Tetapi satu hal yang patut diingat jangan menjemur secara langsung tabung lampu itu. Sebab, saat terkena terik sinar matahari mika tabung itu akan menyerap hawa panas.

"Sehingga saat ditutup rapat dan lampu telah dipasang sisa hawa panas itu masih berada di dalam tabung dan akan menjadi embun lagi saat mobil cuaca mulai dingin," terang Ali.

Sebaiknya Anda meletakkan rumah lampu dan kaca mika di tempat sejuk dan kering agar keduanya benar-benar kering. Setelah itu, pasang seal baru di sambungan kaca mika dengan rumah lampu dan pasang kembali bohlam di soket. Pastikan soket telah rapat dan terpasang dengan benar.

Lampu pun siap dipasang kembali. b. Tanpa bongkar

Namun, bila Anda yakin seal masih bagus dan tak ingin repot membongkar lampu, caranya lebih sederhana. Anda cukup mencopot soket lampu.

Setelah kaitannya terlepas, keluarkan lampu dari lubangnya. Ambil kain bersih dan kering, lilitkan pada besi atau kayu dan ikat dengan tali, setelah itu masukkan ke lubang untuk memasang soket bohlam dan gosok-gosok beberapa kali.

2. Lampu kabut atau fog lamp

Caranya hampir seperti melepas kaca mika dari rumah lampu. Langkah pertama adalah, melepas fog lamp dari dudukannya. Upaya ini memang cukup sulit karena letaknya yang agak tersembunyi. Setelah itu lepaskan lampu kabut itu dari bemper.

Langkah selanjutnya adalah memanasi sambungan batas antara rumah lampu dan kaca mika. Seperti halnya memanasi sambungan di lampu utama, jangan menggunakan api saat memanasi sambungan di lampu ini.

Cukup dengan alat pengering rambut atau alat lainnya yang menimbulkan hawa panas, kira-kira 10 - 15 menit hingga lem perekat pembatas tersebut meleleh.

Kemudian pisahkan rumah lampu dan kaca mika dan bersihkan dengan kain lembut yang kering. Bila proses pembersihan selesai sambung kembali rumah lampu dengan menggunakan seal baru tentunya.

Bila kain penutup lubang hawa lampu telah rusak, segera ganti. Kain ini banyak dijual di toko-toko onderdil.

Itulah beberapa cara gampang membersihkan lampu utama dan lampu kabut yang berembun. Semoga bermanfaat.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi