VW Luncurkan Facelift SUV Tiguan Maret
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 7 Februari 2011 20:35 WIB
VW Tiguan Facelift 2012

TEMPO Interaktif, Stuttgart - Bagi Volkswagen (VW) AG, varian Sport Utility Vehicle (SUV) VW Tiguan merupakan model yang patut ditempatkan di garda depan penjualan. Bahkan, mobil ini digadang-gadang menjadi pencetak angka penjualan tinggi di sejarah penjualan VW. Maklum, sejak diluncurkan 2007 hingga 2010 lalu Tiguan telah terjual 572 ribu unit.

Lantaran itulah, produsen mobil asal Jerman itu, berupaya terus menggelontorkan model ini - baik versi anyar maupun versi salin rupa alias facelift - di pasar mobil dunia.

Kabar paling gres, seperti dilansir paultan.org, Senin (7/2), VW bakal meluncurkan Tiguan versi facelift pada Maret mendatang.

"Serangkaian foto pertama dari mobil berpenggerak empat roda (4WD) yang telah direvisi itu telah muncul (di ranah maya) menjelang peluncurannya di ajang Geneva Auto Show bulan depan (Maret)," tulis paultan.

Ruh dan dasar rancang bangun atau DNA mobil tersebut masih sama dengan generasi sebelumnya. Kendati demikian, tampilan, terutama bagian depan yang meliputi gril, garis di bodi dan bonnet, lebih tajam. Sedangkan ukuran bodi kini lebih ramping.

Hanya sebatas itu informasi yang diungkap VW. "Selebihnya, akan diulas saat peluncuran nanti (Maret mendatang)," kilah pabrikan itu.

Sementara, laman caradvice.com, Jumat (4/2) lalu dengan nada pesimistis menulis VW tak beranjak dari karakter Tiguan generasi sebelumnya. Walhasil, dibutuhkan upaya ekstra keras untuk menggaet segmen konsumen baru.

Kendati demikian, laman tersebut mengakui ubahan tampilan yang diusung VW cukup menarik. Sehingga, menjadi nilai jual bagi Tiguan facelift 2012 itu.

New Tiguan generasi sebelumnya dibekali mesin 2.000 cc empat silinder. Mesin sebesar itu mampu menyemburkan tenaga hingga 200 daya kuda dan 280 Newton Meter (NM) yang didistribusikan ke keempat roda.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi gearbox enam tingkatan percepatan otomatis dengan Dynamic Shift Programme (DSP) Tiptronic. Tak lupa, SUV ini dilengkapi four motion permanent all-wheel drive (fitur pengubah 4WD permanen)

New Tiguan tidak hanya lincah di jalan perkotaan tetapi juga andal menaklukkan medan off-road. Sekadar informasi, harga New Tiguan generasi sebelumnya, di Indonesia dibanderol Rp 675 juta on the road untuk wilayah Jakarta.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi