Infiniti Gunakan Mesin Kecil Mercedes-Benz
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 Februari 2011 19:23 WIB
Infiniti Essence Concept (Dok. Infiniti)
TEMPO Interaktif, Stuttgart - Kolaborasi antara Mercedes-Benz dengan Renault-Nissan menghasilkan mesin DE18LA. Kabarnya mesin ini akan digunakan oleh baby Infiniti yang akan datang. DE18LA adalah sebuah mesin turbocharged berkapasitas 1.8 liter dengan konfigurasi inline 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sekitar 200 hp.
Infiniti baru ini rencananya akan dikenalkan pada gekaran Geneva Motor Show bulan depan. Infiniti memang belum melansir detail dari mobil barunya. Kabarnya, model milik brand premium di bawah Nissan tersebut adalah small premium luxury 3-door coupe. Terdengarnya konsep ini mirip-mirip Mercedes-Benz CLS, namun dengan desain yang mencontek dari mobil konsep Nissan Essence.
Hanya saja, sumber di pabrikan tersebut mengatakan, model yang bakal mereka produksi ini nantinya akan menggunakan platform dari Renault-Nissan yang berasal dari Renault Megane. Sebagai imbal baliknya, Mercedes-Benz akan mengadopsi mesin berkapasitas kecil dan sistem kelistrikan dari Renault-Nissan.
Saat ini Nissan sedang ada di pabrik Mercedes-Benz untuk mengetes mesin Infiniti sekaligus mengujinya agar sesuai dengan control emisi di Eropa yang sangat ketat. Seperti dipakai oleh C-Class, emisi dari mesin DE18LA hanya 179 gram CO2 / km.
Laman benzinsider.com, Rabu (9/2) menyebutkan, kolaborasi Mercedes-Benz dengan Infiniti tidak akan berhenti di sini. Berikutnya platform milik Mercedes-Benz S-Class juga akan digunakan untuk model Infiniti yang lebih besar yang cocok menggunakan mesin hybrid V6 milik Nissan.
RAJU FEBRIAN
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi