Land Rover Siap Luncurkan Ranger Rover Terbaru Akhir 2012  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 10 Februari 2011 13:55 WIB
Ranger Rover 2012 (autocar.co.uk)
TEMPO Interaktif, London - Produsen mobil asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR), saat ini tengah mempersiapkan generasi terbaru atau generasi keempat Sport Utility Vehicle (SUV) Range Rover. Rencananya, merek legendaris Land Rover itu akan diluncurkan pada akhir 2012.

Seperti dilaporkan autocar.co.uk, Kamis (10/2), Ranger Rover generasi teranyar itu tengah menjalani serangkaian uji coba di Inggris. “Generasi anyar yang menggunakan nama kode L405 itu didasarkan pada platform baru Jaguar and Land Rover,” tutur sumber di pabrikan itu.

Platform anyar itu menggunakan bahan dari alumunium. Platform ini, rencananya juga digunakan pada generasi terbaru Range Rover Sport dan Jaguar.

“Semua konstruksi beralih menggunakan bahan alloy. Sehingga, bobot mobil berkurang hingga 450 kilogram dibanding bobot struktur mobil BMW,” aku sumber itu.

Berkat bobot yang ringan karena penggunaan bahan baru itu, SUV tersebut diharapkan lebih irit bahan bakar dan rendah emisi. JLR mematok kadar emisi yang dihasilkan tak lebih dari 200 gram per kilometer.

Mesin TD V6 yang disandang mobil ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 260 bhp. Tenaga itu disalurkan ke roda melalui peranti transmisi ZF otomatis delapan tingkat percepatan.

Namun, ubahan tak cuma menyentuh kerangka bodi dan mesin saja. Panjang mobil juga bertambah 25 sentimeter sehingga panjang Range Rover anyar itu mencapai lima meter lebih. “Dan menariknya, ruang kabin juga semakin lapang. Bahkan di kursi bagian belakang, ruang untuk kaki kini bertambah 12,5 centimeter,” aku sumber tersebut.

Walhasil, kata dia, penumpang pun semakin nyaman.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi