Ini Dia Lima Fitur Andalan Volvo V60 Hybrid  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 21 Februari 2011 21:40 WIB
Foto: Volvo

TEMPO Interaktif, Stockholm - Setelah beberapa waktu menayangkannya di dunia maya, kini Volvo telah mengungkap jati diri varian wagon V60 hybrid plug in. Pabrikan yang kini telah dibeli oleh pabrikan asal Cina, Geely Group, selain menggunakan fitur yang sebelumnya ada di V60 versi konvensional juga menambah fitur keamanan dan keselamatan khusus.

Seperti diwartakan autoevolution.com, Senin (21/2), ada lima fitur khusus yang ditawarkan oleh Volvo di mobil hybrid plug tersebut. Kelimanya adalah :

1. Normal driving

Peranti ini berfungsi memantau serta memastikan setiap sel berada dalam tegangan dan temperatur yang tepat. Perangkat ini juga berfungsi memantau setiap penyimpangan atau permasalahan yang mungkin terjadi di baterai motor listrik, sebagai langkah antisipasi untuk mencegah kerusakan.

2. Conflict

Peranti ini terdiri dari perangkat sistem pengereman dan DSTC (Dynamic Stability dan Traction Control). Perangkat tersebut berfungsi membantu pengemudi dalam menghadapi perubahan perilaku mobil, khususnya di saat ada tambahan energi yang tidak terduga dari baterai motor listrik sehingga mobil sulit dikendalikan.

3. Avoidance

Peranti ini berfungsi untuk mencegah tabrakan fatal. Cara kerjanya, bila psisi mobil telah mendekati tabrakan frontal dan pengemudi bertindak terlambat melakukan pengereman, mobil secara otomatis rem otomatis penuh. Walhasil tabrakan bisa dihindari atau setidaknya mengurangi dampak yang lebih serius dari tabrakan.

4. Collision

Fitur ini merupakan perlindungan baterai bila terjadi tabrakan. Baterai akan terlindungi oleh enkapsulasi, pasalnya baterai yang rusak dapat mengakibatkan kebocoran gas. Baterai akan terlindung dengan baik dan terpisah dari zona crumple.

5. After collision

Fitur ini berfungsi untuk mengamankan mobil dari dampak serius setelah mobil mengalami tabrakan. Caranya, akan memutus sirkuit baterai motor listrik. Hal itu untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek listrik karena adanya kabel yang saling bersinggungan karena guncangan hebat akibat tabrakan.

Sebelumnya, seperti dilansir autoevolution.cvom, akhir Januari lalu, Volvo mengatakan Volvo V6 wagon versi hybrid plug in akan diluncurkan di gelaran Geneva Auto Show 2011, Maret mendatang.

“Mobil hybrid generasi kedua ini selain irit bahan bakar juga menghasilkan emisi karbon dioksida yang rendah, namun tetap menawarkan kenyamanan yang tinggi,” aku Stefan Jacoby, Presiden dan Chief Executive Officers Volvo Cars seperti diwartakan autoevolution.com, Kamis (27/1).

Hasil pengujian Volvo menunjukkan, kadar emisi CO2 yang dihasilkan tak lebih dari 50 gram per kilometer. Kadar CO2 sebesar itu setara dengan konsumsi bahan bakar 1,9 liter untuk jarak 100 kilometer.

Mesin konvensional yang diusung mobil ini berkapasitas 2.400 cc lima silinder dan dilengkapi peranti turbo diesel. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 215 daya kuda dan torsi maksimum 440 Newton meter.

Motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 70 daya kuda. Sehingga, total tenaga yang dihasilkan paduan mesin konvensional dan motor listrik mencapai 285 daya kuda. Tenaga ini disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis enam tingkat percepatan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi