KTM Pasarkan Motor Sport Petualangan Adventure 990
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Februari 2011 15:02 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, California - Produsen sepeda motor asal Austria, KTM, resmi mulai memasarkan motor sport petualangan KTM 990 Adventure.

Ada tiga varian yang ditawarkan, yaitu Adventure 990 yang dibanderol US$ 14.899 atau sekitar Rp 132,60 juta, Adventure 990R dibanderol US$14.999 atau sekitar Rp 133,49 juta, dan tipe Adventure 990 edisi reli Dakar dihargai US$ 15.499 atau sekitar Rp 137,94 juta.

Seperti dilansir autoevolution.com, Selasa (22/2), KTM mengaku telah melengkapi ketiga tipe tersebut dengan sejumlah fitur canggih. "Peranti suspensi travel 210 milimeter (mm) dan perangkat pengereman Antilock Brake System (ABS) menjadi fitur standar," sebut pernyataan KTM.

Selain itu, bagian cockpit motor dipermak sejumlah panel instrumen anyar dengan gaya baru ditambahkan. Bahkan, sebuah kotak penyimpanan dengan sistem penguncian yang bisa diatur juga disediakan.

"Walhasil, KTM Adventure 990 sangat direkomendasikan bagi sebuah kegiatan ekspedisi," terang sumber di pabrikan itu.

Keunggulan yang ditawarkan tak sebatas itu. KTM juga melakukan perubahan konfigurasi mesin, sehingga tenaga bertambah 8 daya kuda dan torsi mengalami peningkatan. Adapun bobot dipangkas, sehingga menjadikan motor lebih mudah dikendalikan.

Ubahan konfigurasi mesin juga dilakukan di Adventure 990 R. Walhasil, dibanding generasi sebelumnya tenaga mesin mengalami peningkatan 20 persen.

Seperti tipe Adventure 990, tipe R ini juga menggunakan peranti suspensi travel, namun dengan ukuran yang lebih besar, yaitu 265 mm. Begitu juga dengan bagian cockpit yang telah dirombak dengan penambahan panel instrumen anyar bergaya baru, serta kotak penyimpanan.

Adapun tipe Adventure 990 edisi reli Dakar, hadir lebih sangar namun mewah. Tenaga yang disemburkan mesin motor ini mencapai 115 bhp. Fitur perlengkapannya tak berbeda jauh dengan dua saudaranya itu - Adventure 990 dan 990 R- namun peranti pengeremannya menggunakan ABS besutan Bosch, sehingga lebih mumpuni.

Selain itu, pelapis joknya menggunakan bahan lembaran kulit kelas wahid sehingga posisi duduk pengendara tidak akan terpeleset kendati saat beraksi di medan sulit. "Perangkat suspensinya menggunakan suspensi travel berukuran 210 mm," terang pabrikan itu. ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi