Smart Forspeed Bakal Mejeng di Geneva
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Februari 2011 23:14 WIB
smart forspeed (Dok. Mercedes-Benz)
TEMPO Interaktif, Jakarta -Pabrikan raksasa Jerman, Daimler AG, hari ini secara resmi melansir foto-foto terbaru dari keluarga smart. Model roadster itu dinamai smart forspeed concept ini dan akan ditampilkan pada ajang Geneva Motor Show 2011 yang akan berlangsung bulan depan.
Sebagai mobil konsep bertema Roadster smart membawa aura yang mencengangkan bagi sebuah mobil cilik. Dengan mesin elektrik "zero-emission", smart forspeed roadster concept ini adalah perwujudan kendaraan masa depan yang menjanjikan. Smart forspeed roadster melengkapi jajaran kendaraan konsep persembahan smart seperti scooter dan speda konsep smart.
Mesin penggerak elektrik yang di cangkokkan di roda belakang smart forspeed mampu menghasilkan tenaga sebesar 40 bhp. Tenaga sebesar itu dapat melontarkan smart forspeed hingga kecepatan 120 km/jam, bahkan lebih. Karena masih ada simpanan tenaga sebesar 7 bhp yang dapat di suntikkan melalui sistem overboost.
Baterai lithium-ion dengan kapasitas 16.5 kWh mampu menempuh jarak hingga 135km dari kondisi terisi penuh hingga habis. Hebatnya lagi pengisian baterai dengan quick charge hanya membutuhkan wakyu 45 menit melalui soket listrik bertegangan 220 volt.
Tampilan desain smart forspeed sarat dengan sentuhan glossy nan mewah dan futristik. Kaca depan (wind deflector) sudah dilengkapi dengan solar-cell alias pembangkit listrik tenaga surya yang mampu memenuhi kebutuhan listrik di dalam kabin. Lihat juga tampilan desain gril depan yang mengambil pola sarang tawon atau honeycomb, memberikan kesan futuristik yang humble.
"Unik dan penuh kesan elektrik futuristik. Yang jelas tetap menunjukkan jati diri smart (generasi sebelumnya)," tandas Steffen Kohl, Head of Design for Mercedes-Benz, dalam laman resmi pabrikan tersebut.
Desain simple menyeruak dari tampilan interiornya yang mengingatkan kita pada desain sebuah kapal cepat. Dudukan untuk perangkat smart phone berada di kabin dan bisa disesuaikan dengan sudut pandang pengemudi. Sisi kemewahan lainnya hadir dari balutan kulit di sekujur interior, utamanya pada pintu, lingkar kemudi dan shift knob. Tombol Ajaib yang mampu menambah simpanan tenaga sebesar 7 bhp ter dapat di konsol tengah, menjadi titik yang sangat menggoda untuk mengeluarkan performa forspeed.
"Meski tidak akan diproduksi dalam waktu dekat, setiap elemen dari smart forspeed akan ditransformasikan kedalam proyek smart mendatang," tukas Dr. Annette Winkler, pimpinan smart.
RAJU FEBRIAN
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi