Ini Dia Mini Cooper S Bermesin Jet Helikopter  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 24 Februari 2011 12:30 WIB
carscoop.blogspot.com

TEMPO Interaktif, Texas - MINI dan Rolls Royce adalah dua perusahaan dalam satu bendera. Keduanya kini juga berada di bawah payung Bayerische Motoren Werke (BMW). Keduanya juga menghasilkan dua produk yang sesuai dengan jalur masing-masing.

MINI membesut mobil berukuran kecil mewah bergaya klasik. Adapun Rolls Royce memproduksi mobil mewah berukuran bongsor dengan tenaga yang dahsyat.

Dua perusahaan itu pun - terutama MINI- tak ingin saling melangkahi, dengan membuat produk yang performanya sama dengan Rolls Royce atau menggunakan mesin milik saudaranya itu.

Namun, seperti diwartakan carscoop.com, Kamis (24/2), kini ada varian produk MINI, yaitu Mini Cooper S yang bertenaga seperti Rolls Royce Allison. Adalah BMP Design, sebuah perusahaan modifikasi mobil asal Texas, Amerika Serikat, yang melakukan rekayasa itu.

"Mobil (Mini Cooper S) itu menggunakan sumber tenaga setara Allison 250-C20B, yaitu dari sebuah helikopter," tulis laman itu.

Mesin tersebut dipasang persis di belakang jok bagian belakang. Hasilnya, tenaga sebesar 420 daya kuda dan torsi 400 lb ft menyembur dari mesin. Tenaga itu setara dengan Rolls Royce Allison berpenggerak roda depan.

Memang untuk mengendalikannya perlu kepiawaian ekstra. Sebab pengemudi harus menyeimbangkan kontrol konvensional dengan tuas perintah mesin jet yang letaknya terpisah.

Namun, itu terasa impas dengan performa yang dihasilkan. Mobil kecil itu mampu melesat bak desiran angin yang berasal dari tiupan turbin?wuss.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi