BMW i3 Akan Diproduksi 30 Ribu Unit Per Tahun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 28 Februari 2011 10:25 WIB
Sketsa BMW Megacity (bmwblog.com)

TEMPO Interaktif, Munich - Bayerische Motoren Werke (BMW), Senin (21/1), resmi membeberkan sosok mobil bertenaga listrik BMW i3 dan hybrid plug in i8. Saat itu, produsen mobil asal Jerman itu hanya menyebut akan memproduksi 1.023 tanpa menyebut target produksi.

Kini, seperti dikutip majalah Automotive News Europe dan dilansir Business Standard, Senin (28/2), BMW mengaku akan memproduksi mobil bertenaga setrum itu 30 ribu unit saban tahunnya.

"Itu target pertama kami, sebab bila ternyata permintaan terus bertambah kami pun akan meningkatkan jumlah produksi," tutur Ia Robertson, Direktur Pemasaran dan Penjualan BMW.

BMW i3 sebelumnya dikenal dengan BMW Megacity. Dia akan menjadi mobil kota (city car) pertama BMW yang menggunakan tenaga setrum. Adapun BMW i8 dikembangkan dengan dasar BMW Vision EfficientDynamics.

Namun, hingga kini belum ada rincian spesifikasi teknis mobil tersebut. Beberapa sumber di pabrikan itu mengatakan BMW i3 akan menggunakan sumber tenaga yang tak jauh berbeda dengan BMW Active E 2011.

Mobil yang terakhir itu mengusung sebuah motor listrik yang dilengkapi baterai ion lithium. Sumber listrik itu mampu menghasilkan tenaga 170 daya kuda dan torsi maksimum 249 Newton meter.

Satu hal yang menarik dari mobil i3 ini adalah konsep arsitektur konstruksinya yang unik. BMW menyebutnya dengan konsep DriveLife konsep, yaitu penggunaan sasis dari bahan alumunium dan bodi dari bahan serat karbon plastik daur ulang atau carbon fibre reinforce plastic (CFRP). "Hasilnya, selain berbobot ringan juga kuat," sebut siaran pers BMW.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi