Toyota Tarik 5.202 Unit Lexus RX di Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 28 Februari 2011 11:43 WIB
All New Lexus RX350 yang dibanderol Rp 1,1 miliar ternyata mendapat sambutan antisias. Satu bulan sejak diperkenalkan resmi di Indonesia sudah terpesan 50 unit. (Dok. Lexus)

TEMPO Interaktif, Beijing - Toyota Motor di Cina akan menarik 5.202 unit merek Lexus di negeri itu. Alasan penarikan karena pedal gas yang bermasalah. Penarikan ini merupakan bagian dari penarikan sekitar 2,2 juta unit produk Toyota di pasar global.

Seperti dilansir chinadaily.com, Senin (28/2), Lembaga General Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (AQSIQ) akhir pekan lalu menyatakan Toyota akan memberitahu pemilik kendaraan mulai 1 Maret dan perbaikan mobil dilakukan mulai 23 Maret. 

"Pada Kamis (25/2), AQSIQ telah meminta kepada Toyota untuk memberikan penjelasan secara rinci ihwal spesifikasi teknis bahwa mobil yang dipasarkan di Cina tidak bermasalah," ujar juru bicara lembaga AQSIQ.

Menurut pengumuman Toyota, 5.202 mobil Lexus yang ditarik merupakan Lexus RX 300  dan RX 350 yang diproduksi  mulai Februari 2003-Juli 2006. Semua mobil tersebut diimpor langsung dari Jepang.  "Mobil tersebut ditengarai bermasalah pada pedal gasnya," sebut juru bicara lembaga itu.

Bila penempatan karpet mobil tidak pada posisi yang tepat, maka pedal gas akan tertarik sehingga pedal tidak bisa kembali pada posisi semula. Peranti itu akan tertekan dan menyebabkan mobil akan terus melaju dalam kecepatan tinggi.

Toyota juga menyatakan, proses perbaikan akan dilakukan di dealer yang ditunjuk.  Para pemilik kendaraan tidak akan dipungut biaya apa pun.

Penjualan mobil Toyota di Cina saat ini mencapai 10 persen dari total penjualan merek itu di seluruh dunia. Sepanjang 2010 lalu, Toyota menjual 846 ribu unit produknya di Negeri Tirai Bambu itu.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi