Microbus Jadul VW Bulli Kini Tampil Modern
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 Maret 2011 11:36 WIB
AP/Volkswagen

TEMPO Interaktif, Jenewa - Mobil microbus Volkswagen (VW) Bulli adalah satu di antara beberapa mobil ikon milik produsen asal Jerman, Volkswagen AG. Maklum, mobil yang mulai diproduksi 1950 itu kondang di kalangan hippie dan para pelancong karena bentuknya yang unik, kabin jembar, serta nyaman untuk perjalanan jauh pada zamannya.

Tak cuma itu daya tarik Bulli. Proses kreatif produksi yang unik juga menjadi daya tarik bagi konsumen. Seperti dilansir Associated Press, Selasa (1/3), ide awal Bulli berasal dari Ben Pon, seorang importir mobil VW di Belanda.

"Pada 1947 Pon membuat sketsa sebuah bus sederhana yang dibangun di atas kerangka Volkswagen Beetle," kantor berita itu menulisnya.

Tak dinyana, ide tersebut membetot perhatian dan memantik minat para petinggi produsen mobil asal Jerman tersebut. Setelah itu, Bulli pun diproduksi. Sayang, proses produksi hanya berlangsung dalam kurun yang pendek, 1950-1967.

Bulli segera digantikan oleh versi lain dan dipasarkan ke berbagai belahan dunia. Kendati demikian, Bulli telah menjadi legenda.

Melihat catatan sejarah ini, VW AG ingin mengulang cerita tersebut. Namun, kini Bulli tampil dengan desain, fitur, serta dandanan modern. Sentuhan modern itu terlihat pada sumber tenaga yang menggunakan tenaga listrik.

Bila baterai motor listrik yang disandangnya terisi penuh, mobil ini menempuh jarak 186,4 mil atau sekitar 298,24 kilometer. Bulli juga mampu melesat hingga 86 mil per jam atau 139,2 kilometer per jam.

Sederet fitur canggih melengkapi kemudahan yang menjadi ciri gaya hidup modern itu. Beberapa fungsi kontrol seperti kontrol iklim dan peranti hiburan dikontrol melalui iPad.

Ubahan mencolok juga terlihat pada desain. Bulli anyar kini lebih pendek, namun lebih lebih ketimbang generasi zaman dulu alias jadul. Kesan kubus atau kotak di bagian depan, kini dikurangi.

Meski demikian, VW tak meninggal ciri khas Bulli yaitu bangku yang berjumlah tiga di bagian baris depan. Begitu pun dengan warna pelapis mobil ini yang terdiri dari paduan dua warna.

Hanya, hingga kini belum ada penjelasan resmi dari VW apakah mobil itu akan diproduksi secara massal atau tidak.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi