Mini Countryman Terbaru Raih Nilai Tertinggi Uji Tabrak IIHS 2011
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 4 Maret 2011 22:01 WIB
MINI Cooper Countryman (mini.com)

TEMPO Interaktif, Washington - Mini Countryman generasi terbaru  dinobatkan sebagai mobil paling aman 2011 di kelasnya oleh Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat. Mobil besutan produsen mobil asal Inggris, MINI, itu  memperoleh nilai tertinggi setelah menjalani serangkaian uji.

Beberapa materi uji itu terdiri dari tabrakan dari depan, samping, belakang, serta uji simulasi mobil terguling untuk mengetahui kekuatan atap. “Atap Countryman  memiliki daya tahan atau kekuatan hampir lima  kali berat mobil,”  sebut pernyataan IIHS seperti dikutip  autoevolution.com, Jumat (4/3).

Padahal, standar yang ditetapkan oleh lembaga itu hanya 1,5  kali berat mobil.

Countryman anyar ini merupakan varian Mini pertama dan mobil kedua di jaran mobil dibawah payung BMW – MINI  merupakan perusahaan dibawah payung merek BMW – yang mendapatkan peringkat tertinggi di uji IIHS.

Sebelumnya, BMW Seri 5 generasi terbaru juga mendapat nilai tertinggi sebagai mobil paling aman dari lembaga itu.

Generasi terbaru Countryman yang pernah kesohor di era 90-an diluncurkan di Geneva Auto Show, Maret 2010 lalu.  Mobil ini ditawarkan dua varian.

Masing-masing mengambil konsep MINI One D yang bertenaga hingga 90 daya kuda dan MINI Cooper S yang mesinnya mampu menghasilkan tenaga sampai 184 daya kuda.

Mobil ini dilengkapi fitur canggih, misalnya teknologi brake energy regeneration, sistem star-stop. Sistem start stop yang mematikan mesin mobil secara otomotis kalaberhenti di depan lalu lintas atau terjebak dalam kemacetan, membuat tingkat konsumsi bahan bakar  mobil ini irit.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi