Toyota Akan Genjot Etios di Pasar Negara Berkembang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 8 Maret 2011 11:26 WIB
Toyota Etios (Dok. Toyota)
TEMPO Interaktif, Tokyo - Toyota Motor Corporation (Toyota) akan berkonsentrasi di pasar negara-negara berkembang untuk memperbesar penjualan produknya selama atau dasawarsa mendatang. Toyota juga akan melakukan pengembangan produk yang sesuai dengan selera dan kondisi infrastruktur negara-negara tersebut.

“Sebagai bagian dari visi jangka panjang di negara-negara itu, Toyota akan akan memperkenalkan mobil Toyota Etios ke berbagai negara setelah Desember lalu diluncurkan di India,” tutur sumber di Toyota seperti dilansir livemint.com, Selasa (8/3).

Mobil itu akan dipasarkan di Cina, Thailand, Brasil, dan beberapa negara lainnya di Asia. “Etios akan menjadi Toyota Corolla abad 21, mobil itu (Corolla) merupakan mobil kompak terlaris,” kata Yukitoshi Funo, Executive Vice President Toyota.

Laporan harian bisnis Nikkei seperti dilansir Reuters, Sabtu (5/3), menyebut upaya itu merupakan bagian dari strategi baru Toyota dalam memenangi persaingan di berbagai belahan dunia. 

Satu di antara strategi itu, tulis Nikkei, Toyota akan memodifikasi desain dan spesifikasi mobil untuk memenuhi kebutuhan lokal di pasar negara berkembang. "Toyota akan melakukan customization produk di negara-negara itu," tulis kantor berita itu.

Total varian Etios nantinya berjumlah lima hingga enam. Selain sedan dan hatchback, mobil itu akan diproduksi dalam versi minivan dan Sport Utility Vehicle (SUV).

Visi jangka panjang Toyota ini akan dipaparkan oleh President Toyota, Akio Toyoda, Rabu (9/3). Menurut dua sumber di Toyota yang mengetahui persis rencana tersebut, selain menggenjot Toyota juga akan memangkas struktur organisasi perusahaan. Hal itu dimaksudkan untuk efisiensi di masa mendatang.

Toyota akan menghilangkan dua jabatan wakil komisaris perusahaan. Mantan Presiden Direktur Toyota Katsuaki Watanabe akan menjabat sebagai penasihat independen dan bekas kepala penelitian dan pengembangan Toyota, Kazuo Okamoto ditempatkan ke perusahaan afiliasi baru.

Namun Juru bicara Toyota, Koki Konishi, membantah informasi tentang rencana jangka panjang seperti yang telah terungkap tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi