Tata Motors Berminat Produksi Tata Nano di Malaysia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 11 Maret 2011 14:46 WIB
Tata Nano (Dok. Tata Motors)
TEMPO Interaktif, Mumbai - Produsen mobil termurah sejagat dari India, Tata Motors, berniat menggandeng produsen mobil asal Malyasia, Proton Bhd dan Perodua, untuk memproduksi mobil mungil Tata Nano di negeri jiran itu. Sinyal itu mendapat respons positif dari pejabat Malaysia.

“Tata (Ratan Tata, bos Tata Motors) kembali ingin merajut kerja sama dengan Proton,” papar Tan Sri Muhyiddin Yassin, Deputi Perdana Menteri Malaysia seperti diwartakan global post.com, Jumat (11/3).

Tujuh atau delapan tahun lalu, keduanya diketahui telah melakukan pembicaraan serius untuk memproduksi mobil. Namun, entah apa alasannya, rencana itu tak kunjung terwujud. “Kini kebijakan (sektor) otomotif lebih liberal, sehingga ada peluang baru,” imbuh dia.

Tak hanya itu. Muhyidin juga menyinggung kemungkinan Tata menggandeng Perodua, produsen mobil Malaysia lainnya. Namun, kata dia, hal itu terserah ke Proton untuk mempertimbangkan apakah model seperti Tata Nano cukup menjanjikan dipasarkan di Malaysia.

“Mungkin kami juga bisa menjadikannya sebagai mobil rakyat yang dibanderol RM 20 ribu (sekitar Rp 58 juta),” tandas Muhyidin saat berkunjung ke markas pabrikan itu.

Hanya, hingga kini belum ada informasi resmi dari Proton tentang rencana itu, termasuk proses produksi. Begitu pun dengan model yang bakal diproduksi berikut harganya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi