VW Dikabarkan Segera Produksi Microbus Bulli
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 11 Maret 2011 15:58 WIB
AP/Volkswagen
TEMPO Interaktif, Stuttgart - Bagi Anda penggemar Volkswagen (VW) yang microbus VW Bulli atau sebagian orang menyebut VW Combi kotak yang telah beberapa tahun tak diproduksi lagi, ada kabar gembira. VW dikabarkan memberi isyarat bahwa mobil itu segera diproduksi.

Sinyalemen itu diungkapkan autocar.co.uk, Jumat (11/3). Ihwal tempat produksi ada beberapa versi, yaitu adi Amerika Serikat dan Meksiko.

Mobil dengan 3,99 meter (m), lebar 1,75 m dan tinggi 1,70 m itu nantinya diproduksi dalam versi bertenaga listrik. VW membekalinya dengan motor listrik bertenaga 115 daya kuda dan torsi 270 Newton meter.

Bila baterai terisi penuh dalam sekali pengisian, Bulli mampu menempuh jarak 300 kilometer tanpa henti. Mobil ini juga mampu melesat hingga 115 kilometer per jam. Sedangkan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kpj dicapai dalam waktu 11,5 detik.

Mobil yang versi konsepnya dipajang di gelaran Geneva Auto Show 2011, 1 – 13 Maret itu memiliki catatan sejarah yang melegenda.

Seperti ditulis Associated Press, Selasa (1/3), mobil yang mulai diproduksi 1950 itu kondang di kalangan hippie dan para pelancong. Selain karena bentuknya unik, kabin jembar, juga nyaman untuk perjalanan jauh.

Proses kreatif produksi yang unik juga menjadi daya tarik bagi konsumen. Fakta menunjukkan ide awal Bulli berasal dari Ben Pon, seorang importir mobil VW di Belanda.

"Pada 1947 Pon membuat sketsa sebuah bus sederhana," kantor berita itu menulisnya.

Tak dinyana, ide tersebut membetot perhatian dan memantik minat para petinggi produsen mobil asal Jerman tersebut. Setelah itu, Bulli pun diproduksi. Sayang, proses produksi hanya berlangsung dalam kurun yang pendek, 1950-1967.

Bulli segera berganti versi lain dan dipasarkan ke berbagai belahan dunia. Versi dengan berbagai tampilan itu pun laris manis di berbagai penjuru dunia. Legenda itulah yang ingin diulang VW dengan Bulli versi baru.

Kini, Bulli bakal tampil modern. Sejumlah fitur canggih melengkapi kenyamanannya. Pada versi konsepnya, VW menyertakan kontrol iklim dan peranti gadget iPad. Akankah versi produksi seperti itu? Kita tunggu saja.

Namun informasi lain menyebut, selain bertenaga listrik VW juga akan menawarkan varian bermesin bensin dan disel. Masing-masing berkapasitas 1.000 cc dan 1.400 cc.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi