Audi Siap Luncurkan Crossover Coupe Q3 Awal April
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 22 Maret 2011 20:26 WIB
Audi Q3
TEMPO Interaktif, Ingolstadt - Audi AG dikabarkan sudah siap meluncurkan model crossover coupe anyar Audi Q3 di gelaran Shanghai Auto Show 2011 yang berlangsung awal April mendatang. Bahkan, crossover coupe yang disebut-sebut bakal bersaing ketat dengan BMW X1 dan Range Rover Evoque itu telah merampungkan serangkaian pengujian.

Seperti dilansir autocar.co.uk, beberapa pewarta foto berhasil mengabadikan kegiatan uji akhir dari Audi Q3. "Meski tertutup rapat oleh penutup penyamaran, namun tampilannya terlihat jelas lebih dekat ke crossover coupe ketimbang Sport Utility Vehicle murni," laman itu menulisnya.

Gaya desain mobil ini kental dengan gaya khas Audi, yaitu gril dengan frame tunggal dan lampu Light Emitting Diode (LED). Sedangkan ciri khas coupe terlihat jelas pada pilar belakang yang melandai.

Namun, Audi mengaku bahwa mobil itu menggunakan platform milik Volkswagen (VW) Tiguan. Penggunaan itu sangat mungkin karena Audi merupakan merek yang berada di bawah payung VW AG.

Rencananya, Audi menawarkannya dalam beberapa varian mesin, baik mesin bennsin maupun disel. Varian mesin bensin terdiri dari mesin berkapasitas 1.400 cc yang bertenaga 140 daya kuda (dk), mesin 1.800 cc bertenaga 180 dk, dan 2.000 cc dengan tenaga 210 dk.

Adapun varian mesin disel terdiri dari mesin 2.000 cc TDI yang menyemburkan tenaga 140 dk dan 170 dk. Selain itu, Audi juga menawarkan mesin berkapasitas yang sama namun dilengkapi peranti twin turbo charger. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 204 dk.

Mobil ini memiliki panjang 4,4 meter (m), lebar 1,8 m, serta tinggi 1,6 m. Dibanding Audi Q5, ukuran Q3 lebih pendek 20 centimeter (cm), sedangkan lebarnya lebih pendek 7 cm dibanding model tersebut.

Sebelumnya, Beijing Times seperti dilansir gasgoo.com, melaporkan kedua varian yaitu mesin bensin maupun dise diproduksi dalam tipe berpenggerak empat dan dua roda. Ada tiga pilihan sistem transmisi yang ditawarkan.

Ketiganya, manual dengan enam tingkat percepatan, dual clutch S-Tronic enam tingkat percepatan, serta transmisi otomatis enam tingkat percepatan.

Audi sebelumnya mengatakan, Audi Q3 diproduksi di pabrik Audi SEAT di Martorell, Barcelona, Spanyol. "Kapasitas produksi awal mencapai 80 ribu unit per tahun," kata Rupert Stadler, Ketua Dewan Manajemen Audi.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi