Dialah Pencipta Desain Garang Ford Ranger  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 24 Maret 2011 15:14 WIB
Craig Metros, desainer Ford Ranger (kanan) dan Jobpie Sugiharto, wartawan Tempo.
TEMPO Interaktif, Bangkok - Tak banyak yang tahu siapa di balik keberhasilan produk Ford Ranger. Maka pria inilah yang kemudian menyiapkan All New Ford Ranger yang memulai debutnya pada Bangkok International Motor Show ke 32 dan akan diproduksi tahun ini.
 
Dia adalah Craig Metros. Kepala Tim Desain untuk Ford Ranger yang baru ini memulai latihan untuk memasuki dunia otomotif dimulai ketika masih berusia 5 tahun. Kala itu, ia mulai menggambar mobil. Pada usia 10 tahun, Metros sudah bisa membuat sketsa dan membangun mobil mainan yang diberi warna hitam dengan lidah api di sampingnya.
 
Metros  sudah mendesain mobil dan truk Ford selama 24 tahun. Dia yang memimpin tim desan Ranger di Australia dan sebelumnya menangani desain pick up truck full size F-150 di Amerika Utara. Ternyata, kecintaannya pada desain mobil menurun dari ayahnya. “Ayah saya dulu seorang desainer mobil dan teknisi. Maka saya selalu berada di sekitar mobil, truk, sepeda motor, kapal, dan kendaraan salju,” tulisnya dalam biografi. “Kendaraan ayah saya adalah truk pikap. Mobil hobinya adalah Forty Ford Coupe. Itu mobil yang indah.”
 
Craig Metros lahir dan besar di kota motor, Detroit, Michigan. Di sana pula ia menyabet sarjana dalam bidang Seni Jurusan Desain Industri dari College for Creative Studies, Detroit. Selama karirnya yang panjang di Ford, ia pernah menetap di Inggris, Italia, Jerman, dan Jepang. Kini ia menetap di Melbourne, Australia, tempat tim desain Ranger bermarkas.
 
“Saya benar-benar yakin bahwa truk ini (All New Ford Ranger) akan memainkan perubahan,” ucapnya. “Dengan proporsi yang modern, gaya eksterior dinamis, keindahan, serta pengalaman dan warisan kami soal truk kami menjadi pemenang!”
 
Metros pun berencana mengganti sedan F6 Falcon yang selama ini ditungganginya dengan Ranger terbaru. Ia mengoleksi Ford Model A hot rod 1931 dengan mesin F8 Ford Flathead buatan 1941. Karya kreatif pecinta surfing dan snowboarding ini juga bisa diketahui via www.craigmetros.com.
 
Dengan ramah Metros mengajak Tempo foto bersama, setelah Tempo mengambil gambarnya ketika tengah berbincang dengan koleganya di arena Bangkok International Motor Show ke 32 di Impact, kawasan Muang Thong Thani, Kamis (24/3) siang. “Ayo, biar dia yang memotret, kamu berpose sama saya,” ujarnya sambil menunjuk temannya tadi.
 
Jobpie Sugiharto (Bangkok)
 
#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi