10 Keunggulan All New Jeep Grand Cherokee
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 28 Maret 2011 01:46 WIB
New Jeep Grand Cherokee (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Apa yang Anda cari dari sebuah mobil Sport Utility Vehicle (SUV)? Tampang yang gagah? Bodi besar? Kabin nyaman? Atau mesin bertenaga yahud? Nah, bagaimana jika Anda ditawari sebuah mobil yang memiliki 10 keunggulan sekaligus? Yup, itulah yang coba ditawarkan The New Jeep Grand Cherokee.

SUV penjelajah premium ini akhirnya resmi dilansir Crysler Indonesia lewat PT Garasindo Inter Global -- pemegang merek Crysler, Jeep, Dodge, dan Mopar di Indonesia -- dua pekan lalu. Dari sisi tampilan, interior, sampai dapur mesin mengalami perubahan total.

"Ini mobil yang sangat spektakuler, baik dari segi kemewahan maupun spesifikasinya untuk menaklukan segala medan," kata Muhammad Al Abdulah, Managing Director Chrysler Indonesia bungah.

Pria yang akrab disapa Al itu memang tak asal bicara. Dari sisi tampilan, Grand Cherokee kini tampil lebih maskulin tanpa meninggalkan kesan sangarnya sebagai mobil segala medan.

Memang kita takkan lagi melihat "desain kotak" yang ada di model lama. Generasi baru ini tampil lebih stylish dengan lekukan dan guratan bodi tapi tidak melepaskan total gen pendahulunya.

Begitu pintu dibuka nuasa premium langsung terasa. Desain interior serba baru. Grand Cherokee baru kini memakai material berkualitas tinggi yang bisa dirasakan seperti pada pintunya. Balutan kulit dan kayu, serta krom juga menghiasi.

Yang paling menarik adalah fiturnya. Salah satunya yang menonjol adalah Quadra-Lift air suspension system. Fitur ini membuat kita bisa mengatur tinggi-rendah suspensi mobil -- sampai 104 mm -- sesuai kebutuhan. Ada lima pilihan karakter pengendaraan, yakni normal ride dengan ground clearance 204.5 mm.

Jika menghadapi jalanan mode off-road ada pilihan off-road 1 yang bisa naik 33 mm atau off-road 2 yang baik 65 mm sehingga ground clearance mencapai 272 mm.

Tapi jika bertemu jalanan datar bisa bermain dengan Aero mode yang menurunkan ground clearance dari posisi normal sekitar 12.5 mm. Dan terakhir ada Park mode yang membuat mobil ini mendem sampai 40 mm sehingga ground clearence setinggi 168 mm saja.

Ada lagi? Oh, masih. Ada fitur yang dinamai Select-Train system yang memiliki lima model pengaturan traksi kendaraan sesuai dengan kondisi jalan yang dihadapi. Pilihannya Sport, Snow (salju), Auto, Sand/Mud (pasir atau lumpur), dan Rock (bebatuan).

Nilai jual lain dari Grand Chereokee baru ini berada di dapur mesin, khususnya tipe Limited 3.604 cc, yang merupakan pasokan senjata baru.

Mesin kreasi Pentastar itu memiliki tenaga 210 (kW) 286 hp @ 6.350 rpm atau lebih tinggi 38% dibandingkan model sebelumnya. Demikian juga dengan torsi 347 Nm (260 lbft) @ 4.300 rpm yang lebih baik 11%. Meski demikian, konsumsi Grand Cherokee baru ini hanya 11,4 liter/100 km atau 11% lebih hemat.

Sementara Grand Cherokee Overland dipasangi mesin Hemi delapan silinder berkapasitas 5.654 cc. Mesin ini mampu memproduksi tenaga 352 hp @ 5.200 rpm dan torsi sebesar 520 Nm @ 4.200 rpm.

Untuk harga, Chrysler Indonesia membanderol tipe Limited Rp 1,150 miliar (on the road di Jakarta, belum termasuk pajak progresif) dan tipe Overland Rp 1,390 miliar.

Oh ya sebelum kelupaan, satu lagi yang wah dari Grand Cherokee ini adalah seabreg fitur keamanan. Electronic Stability Control (ESC), Electronic Roll Mitigation, Hill-Start Assist, Trailer-Sway Control dan Hill-Descent Control merupakan sebagian kecil dari total 45 item fitur safety yang disematkan!

Penantang Serius

Keyakinan serius diusung Chrysler dengan kehadiran All New Jeep Grand Cherokee. Di Indonesia mobil ini akan bertarung dengan SUV mewah asal Eropa macam Mercedes-Benz ML-Class, BMW X5, VW Touareg, dan Land Rover Range Rover Sport.

General Manager Chrysler Indonesia Ahmad Rieva Muchsin mengatakan ML-Class tetap menjadi mobil dominan di kelas ini. "Harus diakui Mereka punya nama dan produk yang bagus. Setiap kali kelas ini mengeluarkan produk pasti dijadikan mereka pembanding," katanya. "Tapi All New Grand Cherokee juga punya kelebihan yang tak dimiliki kompetitor lain."

Ia mengungkapkan mobil yang diimpor utuh (completely built-up) dari Amerika Serikat ini diharapkan bisa memenuhi keinginan pecinta Jeep di Indonesia. "Tahun ini kami harap bisa menjual 100 unit di Indonesia," katanya.

Berikut 10 plus yang diandalkan Grand New Jeep Grand Cherokee:

1 Exterior -- segar dan aerodinamis2. Interior -- desain mewah dengan material kelas satu3. Quality/durability -- dirancang untuk memenuhi kebutuhan4. Andvanced safety -- memiliki 45 item fitur keamanan5. 3.6 Petrol V6 engine -- lebih bertenaga namun irit bahan bakar6. Select-Train system - 5 pilihan settingan 4WD7. Quadra-Lift air suspension system - 5 pilihan sistem suspensi8. Stiffer chassis -- nyaman dan tenang9. 4-wheel independen suspension -- meningkatkan pengendalian10. 4WD system -- mutakhir, kuat dan teruji

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi