Toyota Mulai Memproduksi Kembali Prius  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 28 Maret 2011 12:49 WIB
Sejumlah wartawan memperhatikan prototipe Toyota Prius Wagon hybrid di Tokyo (7/3). AP/Koji Sasahara
TEMPO Interaktif, Nagoya - Toyota Motor Corporation (Toyota), Senin (28/3), mulai membuka kembali pabriknya di Tsutsumi dan Kyushu setelah keduanya ditutup sementara sejak 14 Maret. Kedua pabrik itu selama ini memproduksi Toyota Prius dan Lexus CT 250h serta 250h HS.

Seperti dilansir nikkei.com, Senin (28/3), pengoperasian kembali dua pabrik tersebut merupakan sebagian kecil dari pabrik yang ditutup sementara. Penutupan pabrik itu dikarenakan minimnya pasokan suku cadang dari perusahaan rekanan dan adanya pemadaman listrik secara bergilir menyusul bencana gempa dan tsunami.

Sebelumnya, laman autoevolution.com menulis bencana yang terjadi pada 11 Maret lalu cukup mempengaruhi kinerja Toyota. Rencana peluncuran model baru Prius hybrid, yaitu Prius wagon, yang sedianya diluncurkan akhir April terpaksa harus ditunda.

Toyota juga mengatakan operasional pabriknya di Amerika Utara kemungkinan akan terpengaruh peristiwa yang terjadi di Jepang. Pasalnya, Toyota di wilayah itu juga tergantung kepada 500 perusahaan komponen dari Jepang untuk memasok berbagai bagian produk.

Padahal, perusahaan komponen itu pada saat ini masih banyak yang menghentikan operasinya.

Berbeda dengan Toyota yang telah memulai kembali produksi secara terbatas, Isuzu Motor dan Honda Motor akan memulai produksi pada awal April mendatang. “Isuzu menyatakan akan memulai produksi truk pada 5 April,” nikkei menulisnya.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi