Suzuki Banderol Skutik Hayate Rp 14,3 Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 30 Maret 2011 14:37 WIB
Suzuki Hayate (Dok. Suzuki)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Diam-diam sejak dua pekan lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) telah membuka pemesanan skuter matik (skutik) anyar Suzuki Hayate. Skutik 125 cc itu dibanderol Rp 14,3 juta on the road untuk wilayah Jakarta.

"Bahkan, skutik ini sudah berada di dealer kami sejak dua pekan yang lalu, Namun peluncuran resminya besok Kamis (31/1)," tutur Suandi Widiarto, 2W Marketing Sales Administration Section Head PT SIS saat dihubungi di Jakarta, Rabu (30/3).

Menurut Suandi, Hayate merupakan pengganti skutik Skywave. Teknologi keduanya tidak jauh berbeda. Namun, Hayate merupakan hasil pengembangan dari Skywave mesin maupun desain lebih sempurna.

"Perubahan itu termasuk penyempurnaan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT). Sehingga tarikan lebih enteng dan lebih halus," terang Suandi.

Namun, berbeda dengan di Thailand yang menggunakan peranti pengabutan bahan bakar injektor, Suzuki Hayate yang dipasarkan di tanah air masih menggunakan karburator. Ihwal pilihan karburator, Suandi memiliki beberapa alasan.

Peranti tersebut dinilai lebih dipahami oleh konsumen dan mekanik bengkel di Indonesia. Selain itu, karburator juga lebih fleksibel terhadap kualitas bahan bakar. Alasan lainnya, adalah harga yang lebih murah.

"Motor yang menggunakan karburator lebih murah ketimbang yang menggunakan injektor," terang Suandi.

Mesin berkapasitas 125 cc 4 tak, SOHC diklaim menghasilkan tenaga 9.1 daya kuda. Mesin ini menggunakan pendingin cairan. Rasio kompresi mesin tercatat 9,8 : 1.

Peranti suspensi depan menggunakan teleskopis coil spring dan oil damped. Sedangkan bagian belakang menggunakan tabung ganda konvensional dengan oil damped.

Hayate menggunakan ban depan berukuran 70/90-16M/C 36P dan 80/90-16M/C 43P di roda belakang. Skuter matik ini memiliki panjang 1,93 meter (m), lebar 0,67 m, dan tinggi 1,07 m. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 4,7 liter. Jarak sumbu rodanya cukup panjang, yaitu 1,285 m.ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi