Nissan Operasikan Kembali Pabrik Mesin pada Juni  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 31 Maret 2011 08:59 WIB
REUTERS/Toru Hanai

TEMPO Interaktif, Jakarta - Nissan Motor Company  (Nissan), Rabu (30/3), menyatakan pabriknya yang memproduksi mesin di Iwaki,  yang ditutup akibat gempa dan tsunami di Jepang, baru bisa dioperasikan pada Juni mendatang. Akibat penutupan tersebut, Nissan telah kehilangan potensi produksi puluhan ribu unit mesin mobil.

Mitsuru Yonekawa, juru bicara Nissan, seperti dikutip Associated Press, Kamis (31/3), mengatakan masalah utama yang dihadapi oleh pabrik tersebut adalah pasokan air. Air tersebut sangat penting dalam proses pembuatan mesin mobil.

Selain itu, pabrik juga harus menghadapi kendala pemadaman listrik bergilir. "Pabrik itu merupakan satu di antara dua pabrik mesin yang dimiliki Nissan di Jepang," kata Yonekawa.

Pabrik ini saban tahun memproduksi 376 ribu unit mesin. Nissan menutup semua pabriknya pada 14-16 Maret, namun sejak 24 Maret sebagian pabrik telah beroperasi dengan kapasitas terbatas.

Seperti dilansir Reuters, pengoperasian pabrik tersebut untuk memenuhi permintaan suku cadang pengganti bagi mobil yang telah terjual di dalam maupun di luar negeri.

Nissan mengaku, akibat penutupan pabrik, hingga akhir Maret 55 ribu unit mobil gagal diproduksi.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi