Konsumsi Bahan Bakar Jaguar XF Terbaru 1:21,46 Kilometer
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 1 April 2011 10:32 WIB
Jaguar XF crash test. Foto: Euro NCAP

TEMPO Interaktif, London - Jaguar and Land Rover berencana meluncurkan generasi terbaru sedan Jaguar XF generasi terbaru di gelaran New York Auto Show 2011 pada akhir April. Produsen mobil mewah asal Inggris itu menyebut sedan anyar besutannya itu menggunakan mesin baru disel 2.200 cc empat silinder yang irit bahan bakar.

"Mesin ini merupakan mesin yang paling irit dibanding mesin yang diusung Jaguar generasi sebelumnya," aku sumber di pabrikan itu seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Jumat (1/4).

Hasil uji Jaguar membuktikan, konsumsi bahan bakar sedan ini mencapai 21,46 kilometer per liter. Sedangkan emisi CO2 hanya 149 gram per kilometer.

Menariknya, meski  irit bahan bakar dan rendah emisi namun mesin tersebut bertenaga besar yaitu 190 daya kuda.  Torsinya mencapai 332lb-ft.

Bahkan, bunyi pernyataan Jaguar, akselerasi pergerakan dari kecepatan 0-100 kilometer per jam (kpj) dicapai dalam tempo 8,5 detik. Tak cuma itu, mobil ini juga sanggup digeber hingga 225 kpj.

Ihwal keunggulan itu, Jaguar menyodorkan sejumlah alasan.  Sumber di pabrikan itu mengatakan, selain teknologi start-stop yang membantu pengemudi mematikan mesin sementara dan mengaktifkannya kala pengemudi kembali menginjak pedal gas, Jaguar anyar itu juga dilengkapi sejumlah fitur baru.

Poros engkol mesin atau crankshaft misalnya dibuat dengan teknologi baru, sehingga berbentuk tipis, berbobot ringan, namun memiliki daya tahan dan kekuatan tinggi. Selain itu, Jaguar juga melengkapinya dengan teknologi common rail atau peranti penekan bahan bakar dalam intensitas tinggi.

Peranti tersebut  mampu memecah molekul minyak disel hingga dalam ukuran terkecil. Walhasil proses pembakaran di ruang bakar mesin lebih sempurna. 

Terlebih, Jaguar juga menambahinya dengan water cooled turbocharger. Walhasil  mesin mampu menyemburkan tenaga besar di berbagai tingkatan putaran mesin dan penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Namun, yang tak kalah penting adalah penggunaan peranti transmisi ZF otomatis delapan tinggi percepatan. Cara kerja peranti ini sangat cepat dan halus tanpa hentakan. Sistem kerja  seperti itu membantu penghematan bahan bakar.

Kinerja XF terbaru itu diketahui setelah jaguar melakukan serangkaian uji terhadap sedan ini, pekan terakhir Maret lalu. Hanya sayang, hingga kini Jaguar belum memberikan bocoran informasi berapa banderol sedan XF generasi paling gres itu.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi