Sensasi Pikap Multifungsi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 3 April 2011 10:29 WIB
Chevrolet Colorado

TEMPO Interaktif, Jakarta - Belasan mobil tua dipamerkan di Royal Thai Navy Hall, Bangkok, Thailand, pada sore 21 Maret lalu. Mereknya semua sama: Chevrolet. Hari itu produsen otomotif raksasa Amerika Serikat, General Motors (GM), merayakan ulang tahun ke-100. Perayaan usia seabad tersebut sekaligus diwarnai peluncuran prototipe All New Chevrolet Colorado.

Lantas mengapa peluncuran All New Chevrolet Colorado digelar di Bangkok, Thailand? "Thailand adalah pasar mid size truck pickup terbesar di dunia, sehingga negara itu menjadi lokasi yang sempurna untuk peluncuran Colorado terbaru ini," ujar Martin Apfel, President GM Thailand/Southeast Asia & Chevrolet Sales (Thailand).

Menurut data GM Thailand, truk pikap dan kendaraan komersial lain mengisi sekitar 57 persen pangsa pasar di Negeri Gajah Putih.

GM tampaknya tidak main-main menggarap pasar di Asia Tenggara. Meski Colorado generasi terbaru dikembangkan oleh Divisi Pengembangan Produk Global GM, truk pikap ini telah disesuaikan untuk pasar Asia Tenggara.

Untuk menunjukkan keseriusannya, GM menempatkan para teknisi seniornya tinggal selama beberapa bulan di Thailand. Para teknisi GM mengamati dan mengobservasi masyarakat Thailand tersebut dalam menggunakan truk pikap sehari-hari dan di berbagai medan.

Colorado terbaru hadir dengan sasis lebih panjang dan all-wheel-drive. Ukuran ban 20 inci bertipe off-road. Dapur pacu Colorado dimotori mesin 2,8 L turbo-diesel yang efisien dan memiliki torsi lebih baik. Daya angkut Colorado dirancang lebih maksimal dan meningkatkan drivability serta penggunaan bahan bakar yang efisien.

Dibanding generasi sebelumnya, tampilan eksterior generasi terbaru Colorado memberi kesan garang dan modern. Headlamp yang mirip model sedan Chevrolet Cruze memberi nuansa elegan pada New Chevrolet Colorado.

Desain bodi kokoh yang membungkus sasis diharapkan mampu melahap segala medan. Di bagian depan, Colorado tampil dengan ciri khas logo Chevrolet berwarna emas dan dual-port grille dengan extractor vent pada kap mesin.

Colorado hadir berkelir pepperdust metallic dengan aksen detail aluminium di fascia serta side step samping dan headlamp projector style dengan elemen lighting LED. Pada bagian belakang, Colorado menyuguhkan full-width LED tail-lamp. Alhasil, kesan mewah saat menyala langsung menyergap.

Tambahan detail pada eksterior antara lain desain menarik pada bak belakang; aksen abu-abu pada bagian samping, depan, dan belakang bawah molding; pelek liquid metal berukuran 20 inci, dengan aksen abu-abu pada wheel port; ban Cooper 285/50R20 ZEON LTZ; serta lampu sen LED pada kaca spion samping.

Ciri khas dari Chevrolet terpatri pada bagian interior Colorado lewat desain dual-cockpit hingga panel pintu. Rancang interior tersebut memberi kesan ruang kabin yang luas. Selain itu, ice-blue lighting dan desain kualitas tinggi jok kulit menyodorkan nuansa mewah dan modern pada Colorado.

Desain trim Colorado kontras dengan jok kulit. Trim wood disejajarkan dengan aksen krom serta material yang lembut sehingga menegaskan kesan premium. Kompartemen penyimpanan barang tersedia di dalam interior, termasuk tempat sampah dengan tray penyimpan barang berharga dan dual glove box yang besar.

Fitur tambahan pada Colorado adalah dual-zone, digital climate control system, dan teknologi hiburan mutakhir. Colorado juga dilengkapi dengan LCD 7 inci di bagian tengah dasbor, sehingga mudah disaksikan siapa saja di dalam mobil. Pengemudi maupun penumpang pun dimudahkan dengan penggunaan sistem navigasi, akses Internet, musik, dan fitur hands-free.

Dengan fitur-fitur untuk hiburan tersebut, New Chevrolet Colorado cocok digunakan untuk keluarga. Itulah salah satu kelebihan yang ditawarkan New Colorado ketimbang kompetitor lainnya.

Hal tersebut ditegaskan Debora Amelia Santoso, Marketing & Public Relations Director GM Autoworld Indonesia, selaku pemegang merek Chevrolet di Indonesia. "Colorado disukai karena modelnya yang serbaguna. Bisa dipakai buat keluarga, buat fleet (pertambangan), buat jalan-jalan. Performa tangguh di segala medan dan nyaman," ujarnya.

GM Global Vehicle Line Executive Brad Merkel pun mengiyakannya. Menurut Merkel, Colorado baru ini cocok untuk semua level konsumen. "Ini bukan hanya truk dengan satu fungsi, tapi juga truk multifungsi. Kami ingin pelanggan merasa bangga mengendarai ini, baik untuk kerja, mengantar anak ke sekolah, maupun untuk off-road," ujar Merkel.

Sayangnya, GM belum melansir mengenai spesifikasi mesin secara terperinci yang bakal disuguhkan New Chevrolet Colorado lantaran yang diluncurkan masih prototipe. 

KODRAT SETIAWAN (BANGKOK)

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi