Produsen Mobil Dunia Terancam Kekurangan Cat Khusus  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 5 April 2011 16:28 WIB
Foto: gettyimages

TEMPO Interaktif, Tokyo - Produsen mobil dunia saat ini terancam kekurangan pasokan cat untuk produk mereka. Pasalnya, Merck KGaA yang merupakan satu-satunya produsen cat dengan pigmen khusus xyrallic menyatakan menutup pabriknya hingga Juni mendatang.

"Pabrik yang berlokasi di Onahama, Iwaki, prefektur Fukushima itu beroperasi kembali paling cepat awal Juni," tulis kantor berita Reuters, Selasa (5/4).

Merck menutup pabriknya sehari setelah gempa dan tsunami melanda wilayah timur laut Jepang pada 11 Maret lalu. Akibat seretnya pasokan itu, produsen utama mobil di dunia kini terancam tak bisa merampungkan proses produksinya.

Sebab,  cat yang diproduksi Merck merupakan cat khusus yang sangat penting dalam proses pengecatan sebuah mobil.

Pigmen khusus yang disebut Xyrallic itu berfungsi untuk memberikan efek kilau pada cat. Padahal, Merck merupakan satu-satunya produsen yang membuat cat jenis itu.

"Sepanjang radiasi dari reaktor nuklir di Fukushima-Daiichi dinyatakan sudah tidak berbahaya, maka kami akan secepatnya beroperasi," tutur Karl Ludwig Kley, jurubicara Merck.

Persoalannya, hingga kini belum ada jaminan bahwa efek kebocoran reaktor nuklir itu telah benar-benar aman. Sementara, lokasi pabrik Merck berada tak jauh dari reaktor tersebut.

Selama ini xyrallic digunakan oleh Toyota Motor Corporation, General Motors, Ford Motor Company, Chrysler Grup, dan beberapa produsen lainnya.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi