Gaikindo Pertahankan Target Penjualan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 5 April 2011 18:18 WIB
Pengunjung IIMS 2010 (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengaku tak terpengaruh oleh kondisi di Jepang pasca gempa yang terjadi 11 Maret lalu. Organisasi Agen Pemegang Merek (APM) mobil di tanah air itu hingga saat ini tidak mengubah target penjualan mobil 2011.

"Hingga saat ini target penjualan kami masih 780 ribu hingga 830 ribu unit," tutur Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo di Jakarta, Selasa (5/4).

Pasalnya, hingga saat ini persediaan mobil masing-masing APM masih cukup banyak. Pada sisi lain, kondisi perekonomian nasional yang terus bertumbuh mendukung daya beli masyarakat.

"Stok masih cukup, sedangkan di Jepang saat ini dalam proses recovery dan diharapkan Juli telah normal kembali," kata Sudirman tanpa memerinci jumlah persediaan itu.

Pengurus Gaikindo lainnya, Johnny Darmawan, mengamini pendapat Sudirman. Menurut dia, persoalan yang dihadapi oleh produsen mobil di Jepang adalah langkanya pasokan komponen dan suku cadang.

Namun, peranti tersebut bukanlah suku cadang utama. "Suku cadang itu adalah tier dua dan tiga. Kalau pabrik mobilnya sendiri sebagian besar tidak bermasalah," terang Johnny.

Hal senada juga diungkapkan Johannes Nangoi, Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Menurutnya, dalam dua bulan mendatang pasar mobil di tanah air akan terhambat oleh pasokan, namun hal itu akan pulih pada Juli sejalan dengan mulai pulihnya kondisi di Jepang.

"Sehingga IIMS (Indonesia International Motor Show) yang berlangsung akhir Juli akan menjadi momentum kebangkitan," tandas dia.

Sebelumnya Sudirman mengatakan penjualan mobil pada tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan 10 persen dibanding 2010. Data Gaikindo menunjukkan penjualan sepanjang tahun lalu mencapai 764.710 unit. ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi